Disable Preloader

Bagi orang awam yang tidak mengerti mengenai bidang IT maka saat mendengar istilah web developer, web desainer dan web master, ketiganya terasa sama, namun sebenarnya ada sedikit perbedaan diantaranya. Pastinya ketiganya adalah orang bekerja dalam menangani website.  Memang hal tersebut benar adanya, namun ada perbedaan diantara ketiganya yang membuatnya menjadi tiga profesi yang serupa tapi tak sama.  Agar lebih mengerti mengenai ketiganya, maka berikut ini penjelasan mengenai masing-masingnya :

Web Developer

Web Developer bisa dikatakan sebagai pembangun dari sebuah website, yang mulai membangun website tersebut mulai dari awal sampai bisa berdiri. Ibarat rumah, web developer akan membangun sejak awal peletakan batu pertama, hingga bangunan tersebut benar-benar dapat berdiri.  Web developer adalah orang yang membangun aplikasi berbasis web tersebut dengan menggunakan bahasa pemrograman. Apapun fitur yang bisa Anda temui di dalam sebuah web adalah hasil karya seorang web developer.  Contohnya fitur yang bisa membuat adanya slide di halaman depan web, kemudian fitur agar admin web dapat berkomunikasi dengan pengunjung, semua itu diprakarsai oleh seorang web developer. Nah, seorang web developer ini setelah selesai mendirikan ‘bangunan’ webnya maka akan menyerahkan tugas selanjutnya kepada web desainer.

Web Desainer

Sesuai dengan namanya maka tugas utama dari seorang web desainer adalah mendesain agar tampilan web bisa menjadi lebih cantik. Jika sebelumnya disebutkan bahwa ‘bangunan’ web tersebut sudah berdiri maka selanjutnya web desainer akan bertugas menghias bangunan tersebut agar terlihat lebih menarik. Para web desainer bisa menambahkan gambar, video, audio  ke dalam web untuk membuat web tersebut bisa menjadi semakin bagus. Maka dari itu biasanya seorang web desainer harus bisa memanipulasi foto dan video dengan baik, setidaknya memiliki pengetahuan dasar mengenai Adobe Photoshop, Corel Draw dan sebagainya.  Tak lupa seorang web desainer juga harus bisa menentukan template web seperti apa yang paling tepat untuk digunakan, berikut warna dan tata letaknya.

Web Master

Web Master bisa dikatakan merupakan seorang manager diantara web desainer dan web developer.  Seorang web master harus bisa menguasai kemampuan yang dimiliki oleh seorang web developer dan web desainer. Namun selain itu ia juga bertugas untuk memastikan bahwa web tersebut memiliki banyak pengunjung, salah satunya dengan cara memaksimal SEO atau search engine optimizationnya, hal tersebut bisa dilakukan dengan mengisi konten web dan memperbaruinya setiap hari. Web master memastikan bahwa pekerjaan web developer dan web desainer itu tidak akan menjadi sia-sia.

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments