Disable Preloader

Sudah hampir 2 tahun masyarakat di seluruh dunia harus hidup dengan virus COVID-19. Alhasil hal tersebut sangat banyak memberikan dampak bagi perubahan kehidupan masyarakat. Salah satunya yang banyak mengalami perubahan adalah bidang pendidikan. Pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka kini telah berubah menjadi daring. Meski mulai banyak kampus yang melaksanakan kegiatan belajar tatap muka secara berkala namun sebagian besar kegiatan belajar masih tetap dilakukan secara daring. Baik itu karena pandemi COVID-19 maupun tidak, pola pembelajaran daring ini memang harus dibiasakan mengikuti perkembangan zaman dan transformasi digital yang terjadi. Mau tidak mau, setiap kampus yang ada di Indonesia pun harus mulai lebih tanggap dengan transformasi digital ini. Namun karena belum terbiasa, pastinya ada banyak kampus yang masih kesulitan dengan adanya perubahan ini. Agar transformasi digital ini bisa mulai dibiasakan di kampus-kampus, berikut ini beberapa tips untuk bisa mempercepat transformasi digital di kampus :

1. Tingkatkan Kemampuan Digital Di Kalangan Civitas Kampus

Tentunya yang akan menjadi fondasi dalam percepatan transformasi digital di kampus-kampus adalah civitas kampus yang nantinya akan menjadi pengguna utama website maupun aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk aktivitas kampus. Maka dari itu sudah menjadi keharusan jika civitas kampus wajib tanggap dan menguasai penggunaan website maupun aplikasi yang ada di kampus. Dalam hal ini tentunya dibutuhkan konsultan IT yang bisa membantu untuk memberikan pelatihan kepada seluruh civitas kampus mulai dari staff, dosen hingga mahasiswa. Apalagi untuk staff-staff kampus yang belum terbiasa dengan aplikasi baru tentunya akan merasa kesulitan jika harus belajar sendiri, dengan adanya pelatihan tentunya akan menimbulkan pemahaman baru bagi semua civitas kampus mengenai transformasi digital yang terjadi di kampusnya.

2. Mulai Merancang Kurikulum Untuk Hadapi Transformasi Digital

Tentu ke depannya setelah transformasi digital ini mulai dibiasakan, maka akan dibutuhkan kurikulum baru yang sebagai adaptasi dari transformasi digital tersebut. Tentunya kurikulum yang digunakan sebelumnya tidak cocok dan membutuhkan pembaruan sesuai dengan kultur yang baru dijalankan saat transformasi digital. Maka setelah Civitas Kampus mulai terbiasa dengan transformasi digital, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah merancang kurikulum baru yang sesuai dengan era transformasi digital. Sehingga dengan demikian mutu pendidikan tetap dapat terjaga.

3.Sediakan Platform Untuk Pembelajaran Jarak Jauh

Sudah sejak awal terjadinya COVID-19 di seluruh dunia, pembelajaran daring mulai dicanangkan dan dipersiapkan secara matang. Mengingat adanya kerumunan atau perkumpulan harus dihindari maka tentunya kegiatan belajar mengajar di dalam ruang kelas seperti yang biasanya dilakukan tidak bisa dilaksanakan. Banyak kampus-kampus yang kemudian beradaptasi dan melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh. Agar mempermudah kegiatan tersebut maka kampus-kampus juga harus menyediakan platform e-learning yang bisa memfasilitasi kegiatan pembelajaran jarak jauh tersebut.

4. Sediakan Platform Untuk Penerimaan Mahasiswa Baru Secara Online

Penerimaan mahasiswa baru untungnya memang sudah sejak lama dilaksanakan secara online. Cara ini tentunya merupakan cara yang sangat tepat untuk dilaksanakan saat ini di masa pandemi COVID-19. Setiap kampus sudah seharusnya menyediakkan platform untuk penerimaan mahasiswa baru secara online agar kegiatan ini bisa lebih fleksibel dan cepat prosesnya.

5. Lakukan Segala Kegiatan Kampus Secara Online

Akan lebih baik lagi jika semua kegiatan kampus lainnya seperti pembayaran SPP pun bisa dilakukan secara online sehingga mahasiswa tidak perlu lagi mengantri di bank berdesak-desakan untuk membayar SPP. Tentunya untuk itu kampus harus menggunakan aplikasi seperti SIAKAD KLIKCAMPUS untuk bisa memfasilitasi berbagai kegiatan kampus tersebut. Dengan SIAKAD KLIKCAMPUS segala urusan akademik bisa dilaksanakan secara online dan hal tersebut tentunya sangat mendukung untuk kondisi pandemi seperti saat ini. Selain itu kampus juga harus lebih kreatif dengan memanfaatkan layanan seperti Zoom, Google Meet dan lainnya untuk bisa melakukan seminar maupun pertemuan-pertemuan lainnya, dengan demikian semua urusan bisa dikoordinasi dari jarak jauh yang tentunya membuat semua kegiatan kampus bisa menjadi lebih fleksibel.

Dengan beberapa tips di atas, maka kampus bisa lebih cepat dalam melakukan transformasi digital dan bisa menjadi kampus yang terdepan dalam teknologi. 

 

 

 

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments