Disable Preloader

Kurang lebih sudah sebulan lamanya sejak kasus Covid-19 pertama kali terdeteksi di Indonesia. Berbagai penanganan pun dilakukan sejak saat itu, salah satunya adalah dengan adanya anjuran untuk berada di rumah saja selama virus Corona ini belum terselesaikan dan juga anjuran untuk selalu menjaga kebersihan.  Satu persatu pusat keramaian mulai ditutup untuk menghindari penyebaran virus makin menyebar. Demikian pula dalam bidang pendidikan, sekolah dan kampus akhirnya diliburkan sementara hingga waktu sudah memungkinkan kembali untuk beraktifitas. Ada banyak metode yang digunakan oleh masing-masing sekolah dan kampus agar para siswa dan mahasiswanya tetap dapat belajar meski tidak bertatap muka secara langsung. Di kampus-kampus salah satu caranya adalah dengan adanya penerapan kuliah online.

Kuliah online sebenarnya tidak begitu asing di telinga, karena sebelumnya pun ada juga yang menggunakan metode ini, ketika sang dosen sedang berada di luar kota sehingga kemudian kuliah diadakan secara online, baik itu melalui teleconference maupun melalui aplikasi-aplikasi yang memungkinkan perkuliahan tetap dilakukan secara jarak jauh.Agar perkuliahan tersebut tetap bisa berjalan dengan  baik sesuai fungsinya maka Anda tentunya harus menyesuaikan diri dengan metode perkuliahan tersebut. Untuk memudahkan Anda dalam mengikuti online berikut ini ada beberapa tips untuk Anda terapkan :

Perbarui Jadwal Kuliah Anda

Bisa jadi ketika mulai dibuatnya kuliah online ini maka jadwal perkuliahan yang digunakan tetap menggunakan jadwal yang lama, namun ada juga jadwal yang diubah untuk menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Di awal mulainya kuliah online ini Anda harus pastikan untuk memperbarui jadwal kuliah Anda ke jadwal yang baru, kemudian jika perlu buatlah sebuah reminder di smartphone Anda yang bisa mengingatkan setiap kali jadwal kuliah online itu dimulai. Dengan adanya perubahan jadwal yang Anda lakukan ini maka Anda bisa menghadiri kuliah secara online dengan rutin. Bahkan selama Anda tidak bisa pergi keluar dari rumah, kegiatan kuliah online ini bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan, karena berada di rumah seharian tentunya akan sangat membosankan jika Anda tidak melakukan apapun.

Catat Waktu Pengumpulan Tugas

Biasanya juga saat melakukan kuliah online, akan tetap ada tugas yang akan dibebankan kepada para mahasiswanya yang nantinya akan dikumpulkan secara online. Sebaiknya Anda mencatat waktu pengumpulan tugas tersebut lalu segera mengerjakannya sehingga dengan demikian Anda bisa mengumpulkan tugas itu sesuai waktunya tanpa mengalami keterlambatan.

Catat Hal-Hal Penting Saat Perkuliahan

Meski Anda berada di rumah namun bukan berarti Anda bisa bersantai-santai saja, Anda harus menyimak perkuliahan dengan serius lalu mencatat jika ada hal-hal penting yang didiskusikan selama pelajaran berlangsung. Usahakan Anda mencari tempat yang senyaman mungkin agar bisa mengikuti perkuliahan dengan sebaik mungkin sehingga tidak ada yang terlewatkan.

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments