Disable Preloader

Jurnal adalah salah satu kebutuhan yang pastinya akan Anda cari saat Anda mulai melakukan sebuah penelitian. Dengan adanya jurnal maka bisa menjadi referensi juga bagi Anda mengenai penelitian yang berkaitan dengan penelitian Anda. Maka dari itu pada saat ini saat Anda menyiapkan tugas akhir biasanya mengumpulkan beberapa jurnal adalah salah satu syarat yang harus Anda penuhi. Anda bisa mencari jurnal-jurnal tersebut di perpustakaan kampus Anda, namun biasanya jurnal yang ada di kampus tidak selalu lengkap dan Anda tidak selalu bisa menemukan jurnal yang berkaitan dengan penelitian Anda. Oleh karena itu Anda harus mencari di tempat lain agar bisa menemukan jurnal yang Anda butuhkan itu.

Biasanya kebanyakan orang akan mengandalkan google dalam mencari jurnal. Sebagai mesin pencarian paling banyak digunakan di seluruh dunia, maka Anda tentunya mengharapkan bahwa google bisa membantu Anda dalam mencarikan jurnal yang Anda butuhkan. Memang benar bahwa google atau lebih tepatnya google scholar memiliki banyak sekali data mengenai jurnal dari seluruh dunia namun demikian belum tentu juga Anda bisa mendapatkan jurnal yang tepat. Nah ada solusi lain untuk Anda yang sedang mencari jurnal yaitu dengan mencarinya pada Perpustakaan Nasional RI !

Jurnal Di Perpustakaan Nasional RI

Perpustakaan Nasional RI memiliki banyak sekali jurnal dan juga artikel yang berlimpah. Pemerintah Indonesia juga secara aktif telah mengucurkan banyak dana untuk Perpustakaan Nasional RI agar dapat mengumpulkan banyak jurnal yang berasal dari seluruh dunia. Maka dari itu sebaiknya Anda jangan hanya terpaku pada google dan google scholar saja karena jurnal yang ada di Perpustakaan Nasional RI bisa jadi lebih lengkap daripada yang ada di google dan dengan mudahnya Anda bisa menemukan jurnal yang sesuai dengan penelitian Anda. Maka dari itu manfaatkanlah sebaik mungkin fasilitas yang diberikan oleh Perpustakaan Nasional RI agar Anda bisa mendapatkan jurnal atau artikel yang dibutuhkan.

Cara Mengakses Perpustakaan Nasional RI

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengakses web Perpustakaan Nasional RI ini dan mencari berbagai jurnal. Pertama mudah saja, Anda bisa menuju ke alamat web PNRI dan kemudian lakukan pendaftaran untuk menjadi salah satu pengguna di web tersebut. Setelah Anda terdaftar, maka masuklah pada bagian E-source maka nantinya Anda akan menemukan banyak sekali basis data yang tersedia di web tersebut. Kemudian Anda bisa bebas mencari jurnal dan artikel apapun yang Anda ingin temukan sesuai dengan bidang studi Anda.

Kemudian cara kedua yang bisa Anda lakukan terutama jika Anda membutuhkan jurnal untuk kebutuhan thesis atau disertasi maka Anda bisa mencoba ProQuest. Di sana Anda sudah bisa mencari mencari berbagai data dengan hanya memasukkan sejumlah kata kunci yang berkaitan saja, nantinya akan muncul naskah tugas akhir thesis atau disertasi full text yang asalnya dari berbagai kampus yang ada di seluruh dunia. Menarik bukan? Google tentunya tidak bisa menjamah hingga sedetail ini dan Anda bisa merasa tenang karena cara ini adalah Legal sesuai hukum.

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments