Disable Preloader

Tahun ajaran baru sudah dimulai, beberapa sekolah dan kampus mulai melakukan kegiatan belajar mengajarnya seperti biasa, baik itu yang mulai dilakukan kegiatan tatap muka maupun yang masih tetap melakukan pembelajaran secara daring. Kampus-kampus yang bekerjasama dengan Klik Data Indonesia pun mulai aktif kembali menggunakan SIAKAD KLIKCAMPUS, tak terkecuali STIKES Muhammadiyah Lhokseumawe. Guna memperbarui ilmu mengenai SIAKAD KLIKCAMPUS maka STIKES Muhammadiyah Lhokseumawe berinisiatif untuk mengadakan pelatihan daring bersama Klik Data Indonesia terkait modul-modul yang ada di SIAKAD KLIKCAMPUS. Sesuai kesepatakan bersama, pelatihan daring dilaksanakan selama 3 hari, direncanakan akan dilaksanakan mulai dari tanggal 21 hingga 23 Desember 2020. Para pastisipan yang hadir pada acara pelatihan daring ini adalah perwakilan dari masing-masing prodi yang ada di STIKES Muhammadiyah Lhokseumawe dan para penanggung jawab akademik yang sehari-harinya merupakan orang-orang yang secara langsung menangani tentang SIAKAD KLIKCAMPUS.

Pada hari pertama yaitu hari Senin (21/12) pelatihan daring tersebut dilaksanakan pada siang hari sekitar pukul 14.00 WIB. Di hari pertama ini Mahyuddin selaku Head Of Operational Klik Data Indonesia didapuk menjadi pemateri untuk menjelaskan kembali mengenai pengenalan SIAKAD serta lebih jauh mengenai modul e-BAK yang ada pada sistem SIAKAD KLIKCAMPUS. Pada pelatihan hari pertama ini, dijelaskan setiap menu yang ada di modul e-BAK beserta dengan berbagai fungsinya satu persatu. Sembari memberikan materi, modul e-BAK yang digunakan oleh STIKES Muhammadiyah Lhokseumawe secara langsung dibuka dan diperlihatkan dengan metode share screen yang ada di aplikasi Zoom Meeting sehingga dengan demikian para peserta bisa melihat secara langsung sembari mendengar penjelasan dari pemateri.  Setelah penjelasan selesai dijabarkan, para peserta juga dipersilakan untuk mengajukan pertanyaan dan disambut  baik dengan beberapa pertanyaan yang langsung diajukan oleh para peserta. Pelatihan hari pertama itu berlangsung selama 2 jam dan berakhir pada pukul 16.00 WIB.

Pelatihan dilanjutkan kembali esok harinya pada hari Selasa (22/12) dan dimulai pada pukul 09.30 WIB. Untuk pelatihan hari kedua ini yang menjadi pematerinya adalah Ramadhansyah selaku developer dari SIAKAD KLIKCAMPUS yang tentunya paling paham dengan seluk beluk SIAKAD. Untuk hari kedua ini modul yang akan dibahas adalah mengenai modul e-Prodi dan e-Dosen. Pelatihan dibagi menjadi dua sesi. Sesi yang pertama di pagi hari dimulai dari pukul 09.30 WIB hingga 11.30 WIB menjelaskan mengenai modul e-Prodi dan disertai juga dengan sesi tanya jawab. Kemudian pelatihan sesi yang kedua dilanjutkan pada pukul 14.00 WIB yang membahas mengenai modul e-Dosen. Penjelasan berlangsung selama 1 jam dan berakhir pada pukul 15.00 WIB.

Untuk pelatihan hari ketiga yang akan dilaksanakan di Hari Rabu (23/12) juga akan dilaksanakan sejak pagi hari dan akan fokus membahas mengenai modul Keuangan, PMB dan e-Mahasiswa. Pelatihan selama 3 hari ini hanya fokus pada teori mengenai modul-modul tersebut dan direncanakan akan diadakan juga praktek penggunaan langsung dari berbagai modul tersebut yang juga dilaksanakan secara daring serta akan dimulai pada hari Senin (28/12) dengan partisipan yang sama dari STIKES Muhammadiyah Lhokseumawe.

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments