Disable Preloader

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit atau yang biasa disebut sebagai SIMRS di dalamnya terdapat  berbagai macam modul dengan fungsi yang berbeda-beda. Modul tersebut digunakan untuk berbagai kebutuhan yang ada di rumah sakit. SIMRS Klik Medic yang dikembangkan oleh Klik Data Indonesia salah satunya memiliki modul khusus untuk kebutuhan IGD yang disebut sebagai Klik Medic – IGD. Modul yang khusus diperuntukkan bagi Instalasi Gawat Darurat ini memudahkan staff IGD untuk mendata pasien yang masuk dan kebutuhan pendataan lainnya. Dengan padatnya kegiatan yang ada di IGD maka tentunya dibutuhkan sebuah modul yang bisa membantu staff rumah sakit untuk bekerja dengan lebih cepat. Kira-kira apa saja kegunaan dari adanya modul Klik Medic – IGD ini? Berikut informasinya :

Merangkum Informasi Pasien Pada Bagian Berandanya

Pada saat Anda sudah berhasil login ke beranda modul Klik Medic – IGD maka akan Nampak rangkuman informasi pasien yang ditangani pada hari ini, minggu ini, bulan ini hingga tahun ini. Selain itu juga terdapat informasi kondisi pasien yang diperlihatkan dalam bentuk grafik, seperti informasi pasien yang gawat darurat, tidak dalam kondisi gawat darurat hingga meninggal dunia. Tidak hanya itu Anda juga bisa melihat informasi mengenai pasien yang mengalami kecelakaan lalu lintas. Data-data ini tentunya sangat penting untuk mengetahui sebanyak apa pasien yang ditangani oleh IGD untuk keberlangsungan IGD ke depannya.

Mendaftarkan Pasien Yang Datang

IGD menjadi tempat dimana pasien yang mendatangkan penanganan cepat atau dalam keadaan darurat untuk dapat langsung berobat. Namun tentunya meski demikian informasi mengenai pasien yang datang itu tetap harus didata dengan baik, untuk bisa melanjutkan proses penanganan kepada pasien tersebut selanjutnya, apakah akan dipindahkan ke ruang rawat inap atau dirawat lalu diperbolehkan pulang. Di dalam modul Klik Medic – IGD ini Anda bisa mendaftarkan pasien dengan data lengkap seperti nama, asuransi yang digunakan dan lain sebagainya.

Mendata Pasien Secara Keseluruhan

Kemudian penting juga bagi staff IGD untuk mengetahui data pasien yang sudah tercatat pada sistem. Nantinya dengan modul Klik Medic – IGD ini Anda bisa melihat seluruh data nama pasien yang sedang berada di IGD saat ini dan juga daftar pasien yang sudah pulang. Lalu ada juga daftar pasien yang di transfer menuju ruang rawat inap, semuanya terunut dengan jelas di dalam daftar yang ada di modul Klik Medic – IGD. Tak ketinggalan ada juga data pasien yang akan segera mendapatkan tindakan operasi berikut tanggal operasi, diagnose, dokter operasinya dan lain sebagainya.

Mendata Riwayat Resep

Dengan adanya modul Klik Medic – IGD ini Anda juga bisa mendata resep yang dikeluarkan selama ini dengan segala macam detailnya. Anda juga bisa menuliskan resep untuk diberikan kepada pasien yang nantinya harus diteruskan ke bagian apotek yang ada di IGD.

Meminta Persediaan Darah

Pada saat terdapat pasien kecelakaan lalu lintas di IGD atau pun pasien lain yang membutuhkan donor darah maka Anda juga bisa memasukkan data permintaan darah itu di dalam modul IGD ini. Seluruh modul yang ada di Klik Medic itu saling berkaitan sehingga misalnya ada permintaan darah dari IGD maka permintaan darah tersebut akan bisa dilihat pada modul Unit Transfusi Darah yang kemudian akan memproses permintaan darah tersebut.

Terintegrasi Dengan Sistem BPJS Dan Jasa Raharja

Sebagian besar masyarakat Indonesia tercatat memiliki keanggotaan di BPJS, sebagai asuransi kesehatan yang dikelola oleh pemerintah. Di dalam modul IGD ini terdapat menu BPJS Vclaim yang datanya terintegrasi dengan sistem BPJS secara langsung. Di dalam modul tersebut Anda bisa membuat rujukan, bisa melihat Surat Eligibilitas Peserta atau yang biasa disingkat sebagai SEP dan lain sebagainya. Selain BPJS, terdapat juga menu Suplesi Jasa Raharja bagi pasien yang memiliki keanggotaan di asuransi tersebut.

Melihat Data Dokter Jaga

Kemudian ada juga data mengenai dokter jaga yang bertugas di IGD lengkap dengan informasi mengenai spesialisasinya, sehingga dengan demikian semuanya terdata dengan jelas siapa saja dokter yang bertugas di IGD pada saat itu. Apabila dibutuhkan penanganan pasien dengan diagnosa tertentu dan kebetulan dokter yang jaga tersebut memiliki spesialisasi dalam bidang tersebut maka tentunya pasien tersebut bisa langsung diberikan penanganan dengan cepat.

Menu Laporan IGD

Terakhir, ada juga menu laporan IGD yang berisikan daftar kunjungan berdasarkan beberapa  kategori seperti misalnya kunjungan pasien berdasarkan kondisi pasien, berdasarkan cara masuk, berdasarkan faskes rujukan, berdasarkan umur dan lain sebagainya.

 

 

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments