Disable Preloader

Laboratorium adalah salah satu unit yang ada di rumah sakit yang memiliki peranan yang sama pentingnya dengan unit lainnya. Dengan adanya unit laboratorium di rumah sakit, maka sangat membantu dokter dan staff medis lain dalam mendiagnosis suatu penyakit yang diderita oleh pasien yang berobat sehingga dengan demikian dokter bisa mengambil tindakan selanjutnya yang sebaiknya dilakukan untuk pengobatan pasien tersebut.  Selain itu dengan diagnosis yang tepat yang dilakukan oleh unit laboratorium maka dengan demikian pihak medis juga bisa menentukan resiko penyakit tersebut agar ke depannya bisa dideteksi secara dini. Ibarat kata laboratorium bagi seorang dokter seperti halnya senjata bagi para tentara untuk memerangi musuhnya.  Sebegitu pentingnya unit laboratorium bagi seorang dokter, maka membuat segala proses yang terjadi dalam laboratorium harus dapat berjalan dengan baik dan cepat.

Untuk mendukung proses kerja laboratorium di rumah sakit, maka Klik Data Indonesia membuat modul khusus laboratorium di dalam SIMRS sebagai salah satu dari sekian banyak modul yang masing-masing menangani unit dalam rumah sakit. Pembuatan modul Lab ini tentunya juga untuk mengalihkan administrasi lab yang tadinya serba menggunakan kertas menjadi lebih paperless. Banyaknya kertas yang digunakan sebelumnya juga membuat penguruasan administrasi laboratorium terasa lebih merepotkan. Nah, untuk dapat mengenal tentang modul laboratorium yang ada di SIMRS Klik Medic, maka berikut ini sekilas info  mengenai modul Laboratorium :

Sekilas Info Daftar Menu Dalam Modul Laboratorium

Pada awal setelah Anda melakukan login di modul laboratorium ini maka Anda akan menemukan beberapa menu yang Nampak berada di sebelah kiri jendela modul laboratorium. Menu- menu tersebut adalah menu Beranda, Master Lab, Lembar Pemeriksaan Lab, Data Pasien Lab, Dokter Jaga dan yang terakhir menu logout. Pada bagian dashboard di Menu Beranda Anda akan menemukan data mengenai jumlah pasien hari ini, minggu ini, bulan ini dan tahun ini. Kemudian pada bagian bawahnya ada diagram Informasi Status Pasien Laboratorium serta informasi jumlah pasien laboratorium berdasarkan asuransi yang digunakan oleh pasien yang berobat.

Sekilas Info Master Lab

Sesuai dengan namanya, maka master lab menyimpan segala data yang berkaitan dengan laboratorium secara garis besar. Anda bisa melihat segala transaksi yang tercatat selama ini pada menu master lab ini. Misalnya Anda ingin mencari data mengenai pemeriksaan darah rutin yang sudah pernah dicatat pada modul laboratorium selama ini, maka Anda bisa mendapatkan informasinya mengenai Master Lab ini, bersama detail item-item pemeriksaan.  Anda juga bisa melakukan pengeditan pada informasi detail item pemeriksaan tersebut melalui menu Master Lab.

Sekilas Info Menu Lembar Pemeriksaan Lab

Pada menu Lembar Pemeriksaan Lab ini Anda dapat mengisi permintaan pemeriksaan lab dari pasien yang datang langsung ke laboratorium. Apabila pasien tersebut adalah pasien yang sudah terdaftar di rumah sakit maka dengan mudahnya Anda bisa mendapatkan informasi pasien tersebut dengan mengetikkan nomor kartu pasien yang bersangkutan. Namun jika pasien yang datang adalah pasien baru yang belum memiliki data berobat maka Anda bisa mendaftarkannya melalui pilihan Pasien Baru. Setelah itu barulah Anda bisa mengurus permintaan permintaan lab dari pasien tersebut, dengan mengisi sejumlah informasi mengenai dokter yang bertanggungjawab, status pemeriksaan dan lain sebagainya.

Sekilas Info Menu Data Pasien Lab

Setelah Anda selesai mengisikan lembar pemeriksaan lab itu, biasanya nanti data pasien tersebut akan muncul pada menu data pasien lab, karena menu ini adalah menu yang berisi tentang sejumlah informasi pasien yang ada di laboratorium. Anda bisa melihat Pengajuan Pemeriksaan Laboratorium, pasien sedang diproses dan pasien yang sudah selesai diproses pemeriksaannya.

Sekilas Info Menu Dokter Jaga

Sesuai dengan namanya, maka Anda bisa mendapatkan informasi mengenai dokter yang bertanggungjawab di laboratorium dan berjaga setiap harinya. Di dalamnya terdapat detail informasi dokter tersebut seperti spesialisasinya sampai nomor SIP (Surat Izin Praktek) yang dimilikinya.

Sekilas Info Menu Logout

Untuk menyudahi pekerjaan Anda di modul laboratorium maka Anda bisa keluar dari modul dengan memilih menu logout.

Secara  sekilas begitulah pengenalan mengenai Modul Laboratorium yang ada di SIMRS Klik Medic dari Klik Data Indonesia.  Penjelasan lebih mendetail mengenai modul laboratorium ini juga tersedia pada buku panduan atau tutorial yang memang disediakan oleh Klik Data Indonesia untuk para kliennya.

 

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments