Disable Preloader

Sejak bulan Juni 2020, LAN (Lembaga Administrasi Negara) RI mengadakan sebuah Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I Tahun 2020 yang diikuti oleh beberapa instansi pemerintahan yang ada di seluruh Aceh.  Salah satu project yang ada di dalamnya adalah para peserta harus mempresentasikan inovasi sebagai bentuk aksi perubahan yang menjadi tema utama dari pelatihan ini. RSUD Kabupaten Simueulu sebagai salah satu peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini juga wajib mengajukan satu buah judul untuk dipresentasikan. drg. Farhan selaku Direktur rumah sakit tersebut memutuskan untuk mengangkat presentasi yang bertemakan Optimalisasi Pelayanan Rawat Jalan Online dengan menggunakan aplikasi SIMPEL AJA yang digunakan di RSUD Simeulue baru-baru ini. Aplikasi tersebut adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Klik Data Indonesia, khusus untuk penggunaan pendaftaran rawat jalan di RSUD Simeulue.

Sebelum diadakannya presentasi akhir, maka RSUD Simeulu dibantu juga oleh Klik Data Indonesia mempersiapkan dengan matang bahan presentasi serta menyempurnakan aplikasi SIMPEL AJA agar bisa digunakan dengan maksimal baik itu untuk kebutuhan presentasi tersebut maupun untuk optimalisasi pelayanan rawat jalan bagi para pasien di rumah sakit. Aplikasi SIMPEL AJA ini merupakan adaptasi dari aplikasi KLIKPASIEN  yang sudah dikembangkan oleh Klik Data Indonesia untuk pendaftaran berobat secara online. Kemudian dikembangkan kembali secara khusus untuk RSUD Simeuleu dan diberi tajuk SIMPEL AJA dengan maksud bahwa aplikasi ini bisa memberikan kemudahan dalam hal pendaftaran dan pelayanan rawat jalan di rumah sakit. Sejalan dengan tema Aksi Perubahan yang dicanangkan oleh LAN RI dalam acara pelatihan ini, maka aplikasi SIMPEL AJA tentu juga merupakan satu bukti nyata aksi perubahan untuk membuat pelayanan pasien di RSUD Simeulue menjadi lebih optimal. Aplikasi SIMPEL AJA ini bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat yang ingin berobat di RSUD Simeulue melalui laman website resmi rumah sakit tersebut.

Sebagai bentuk dukungan dari Bupati Kabupaten Simeulue atas kegiatan ini, maka pada tanggal 29 September 2020 diadakanlah Launching Aksi Perubahan di Aula Kantor Setdakab Simeulue yang dihadiri oleh perwakilan dari beberapa dinas serta hadir juga 3 orang peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I Tahun 2020 dari Kabupaten Simeulue yang salah satunya adalah drg. Farhan dari RSUD Kabupaten Simeulue. Untuk kegiatan presentasinya sendiri diadakan pada tanggal 15 Oktober 2020 dan dilakukan secara daring serta diikuti oleh para penguji dari LAN RI, peserta pelatihan bersama dengan coach masing-masing peserta. Untuk presentasi RSUD Simeulue, coach yang ditunjuk adalah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue.

Karena presentasi ini sudah dipersiapkan dengan sangat matang sebelumnya, maka dari itu presentasi yang dilaksanakan langsung oleh drg. Farhan selaku Direktur RSUD Kabupaten Simeulue berjalan dengan sangat lancar. Di dalam presentasi drg. Farhan memperkenalkan mengenai aplikasi SIMPEL AJA, beserta manfaat dan cara untuk menggunakannya. Nampaknya para penguji dari LAN RI sangat mengapresiasi optimalisasi pelayanan rawat jalan dengan menggunakan aplikasi SIMPEL AJA hingga akhirnya presentasi tersebut berhasil meraih peringkat 1 dalam Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I tersebut. Kini sudah menjadi tugas bagi RSUD Simeulue selaku pengguna aplikasi SIMPEL AJA dan Klik Data Indonesia selaku pengembang aplikasi tersebut untuk terus meningkatkan serta menyempurnakannya agar bisa berguna bagi para pasien yang ingin berobat di RSUD Simeulue. 

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments