Disable Preloader

14 Agustus 2020 menjadi tanggal didaftarkannya permohonan Klik Data Indonesia atas produk-produk softwarenya yaitu SIMRS KlikMedic, KlikCampus dan KlikPasien ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) yang berada di bawah Kementerian Hukum dan HAM. Untuk dapat mendaftarkan produk-produk softwarenya ini Klik Data Indonesia telah mengumpulkan sejumlah dokumen yang dibutuhkan untuk pengurusan hak cipta tersebut. Selang beberapa hari kemudian, akhirnya permohonan Klik Data Indonesia atas ketiga produk softwarenya itu diterima oleh DJKI dan kemudian keluarlah ketiga Sertifikat Pencatatan Ciptaan untuk SIMRS KlikMedic, KlikCampus dan KlikPasien.

Dengan keluarnya Sertifikat Pencatatan Ciptaan tersebut maka kini Klik Data Indonesia dinyatakan resmi dan legal secara hukum sebagai pencipta dan pemegang hak cipta atas ketiga produk softwarenya tersebut. Dengan disahkannya Sertifikat Pencatatan Ciptaan ini maka pihak lain ke depannya tidak akan bisa melakukan klaim terhadap ciptaan tersebut. Di DJKI, SIMRS KlikMedic, KlikCampus dan KlikPasien tercatat sebagai ciptaan berjenis program komputer. Berdasarkan Pasal 72 Undang-Undang No 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, disebutkan bahwa jangka waktu perlindungan Hak Cipta ini berlaku hingga 50 Tahun sejak ciptaan tersebut pertama kali dilakukan Pengumuman.

Bagi klien-klien yang sudah bekerjasama dan telah menggunakan produk-produk software ciptaan Klik Data Indonesia tentunya sudah mengetahui apa kegunaan dari produk-produk software tersebut. Seperti halnya KlikCampus yang merupakan program komputer yang diciptakan oleh Klik Data Indonesia pada tahun 2017 yang berguna untuk mempermudah pengelolaan data dan pencatatan semua kegiatan kampus yang dilakukan secara digital, pada masa pandemic COVID-19 ini, klien-klien Kampus yang bekerjasama dengan Klik Data Indonesia banyak merasa terbantu dengan keberadaan software tersebut karena mempermudah kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara daring. Sedangkan SIMRS KlikMedic dan KlikPasien adalah satu paket dari sistem pelayanan kesehatan terintegrasi yang dapat digunakan di rumah sakit, klinik maupun puskesmas, dimana SIMRS KlikMedic berkonsep aplikasi desktop dan web sedangkan KlikPasien adalah aplikasi berkonsep mobile yang bisa digunakan di Android maupun iOs. SIMRS KlikMedic digunakan oleh para staff rumah sakit atau faskes lainnya untuk menjadi solusi kemudahan pengelolaan data  dan berbagai transaksi yang meliputi  pelayanan, tindakan dan administrasi perkantoran serta mempercepat birokrasi pelayanan kesehatan dan pelaporan agar berlangsung lebih cepat. Diikuti dengan KlikPasien yang merupakan software berbasis mobile yang memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi berobat pada berbagai fasilitas kesehatan seperti untuk melakukan pendaftaran berobat melalui aplikasi, melihat antrian berobat pada dokter atau antrian resep, melihat riwayat rekam medis dan lain sebagainya.

Tentunya dengan legalnya Hak Cipta atas ketiga produk softwarenya ini, para klien yang ingin bekerjasama maupun yang sudah bekerjasama dengan Klik Data Indonesia akan merasa lebih yakin lagi untuk menggunakan produk-produk software tersebut. Selain itu juga dengan adanya hak cipta ini, Klik Data Indonesia bisa mengukuhkan ciptaan-ciptaannya sehingga tidak akan terjadi plagiarisme terhadap produk software tersebut. Rudi Yanto selaku Direktur PT. Klik Data Indonesia tentunya sangat mengapresiasi dilegalkannya Hak Cipta produk-produk software Klik Data Indonesia sehingga hal ini juga bisa menjadi penunjang keperluan branding perusahaan dan menjadi asset penting yang dimiliki oleh perusahaan. Diharapkan dengan resminya Hak Cipta atas produk-produk softwarenya ini maka akan sangat membantu Klik Data Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya ke seluruh Indonesia. Selain Hak Cipta, pada saat ini pun Klik Data Indonesia sedang dalam proses pengurusan Merk Dagang atas logo produk-produk softwarenya tersebut melalui DJKI agar semakin mengukuhkan keberadaan SIMRS KlikMedic, KlikCampus dan KlikPasien sebagai produk orisinil ciptaan Klik Data Indonesia.

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments