Disable Preloader

 

Tahun Ajaran Baru telah dibuka, kini masanya para mahasiswa sibuk mengurus KRS atau Kartu Rencana Studi. Terlepas dari metode pembelajaran daring yang masih dilaksanakan hingga saat ini, sudah sejak lama pengisian KRS ini memang dilakukan secara online oleh kebanyakan kampus. Begitu juga dengan kampus-kampus yang menjadi klien Klik Data Indonesia.

KRS adalah hal yang sangat penting dalam perkuliahan dan pasti akan dijumpai pada setiap awal semester baru. KRS  berisi daftar mata kuliah yang akan diambil oleh para mahasiswa dalam satu semester.  Mahasiswa bebas memilih mata kuliah yang  tersedia untuk semester yang akan ia jalani. Namun biasanya ada beberapa mata kuliah yang wajib untuk diambil pada semester tertentu, hal ini tergantung pada kebijakan dan sistem pembelajaran di kampus yang bersangkutan. Pada saat pengisian KRS Online, baik pihak mahasiswa maupun pihak kampus harus sama-sama siap agar pengisian KRS ini bisa berjalan dengan lancar. Biasanya pengisian KRS dilaksanakan dalam periode waktu tertentu, sekitar 1 – 2 minggu. Pada saat dilakukannya pengisian KRS online maka semua mahasiswa akan mengakses sistem KRS Online secara bersamaan dalam periode waktu yang sama. Dalam hal ini untuk kampus-kampus yang menggunakan SIAKAD KLIKCAMPUS dari Klik Data Indonesia bisa mengakses KRS online ini pada modul Mahasiswa yang terdapat di dalam SIAKAD KLIKCAMPUS selama masa pengisian KRS Online. Nah, untuk meminimalisir adanya masalah pada saat pengisian KRS Online, maka tentunya harus ada beberapa persiapan yang dilakukan oleh Kampus, apa saja persiapan yang perlu dilakukan? Simak informasinya dibawah ini :

Persiapan Penggunaan KRS Online

Sejak jauh hari sebelum periode pengisian KRS Online dibuka, pihak Kampus sudah sewajarnya memastikan bahwa sistem KRS Online yang tersedia sudah bisa digunakan dengan sempurna. Dalam hal ini Klik Data Indonesia  juga selalu mengawal aktivitas persiapan pengisian KRS Online ini untuk semua klien kampusnya. Pastikan juga bahwa para mahasiswa sudah mengerti dengan benar bagaimana cara pengisian KRS Online ini agar tidak ada kesalahan di kemudian hari.

Pastikan Kampus Sudah Menyediakan Jalur Pembayaran SPP  Yang Mudah

Biasanya sebelum melakukan pengisian KRS Online maka mahasiswa diwajibkan untuk membayar SPP terlebih dulu untuk semester tersebut. Kampus harus memastikan bahwa sudah tersedianya jalur pembayaran SPP yang mudah diakses untuk semua mahasiswa agar nantinya pengisian KRS pun berjalan sesuai harapan dan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Pastikan Server Memadai

Semakin banyak mahasiswa yang mengakses KRS Online pada satu waktu, maka tentunya pihak Kampus harus memastikan bahwa telah tersedianya server yang memadai untuk menampung banyaknya mahasiswa yang akan mengakses KRS Online dalam satu waktu. Hal ini dilakukan agar tidak terjadinya overload ketika masa pengisian KRS Online tersebut.  Untungnya untuk masalah ini Klik Data Indonesia juga sudah memberikan layanan dengan memastikan agar server yang tersedia mampu untuk menampung banyaknya mahasiswa yang mengakses KRS online dalam waktu yang bersamaan.

Persiapkan Data Yang Memadai

Tentunya merancang jadwal perkuliahan bukanlah hal yang mudah, maka dari itu Pihak Kampus juga harus mempersiapkan data yang memadai tentang mata kuliah yang akan dibuka beserta data mengenai dosen yang mengajar beserta data dosen wali yang akan diberi tanggungjawab untuk membimbing para mahasiswanya.

Persiapkan Masa Pengisian KRS Online Yang Sesuai

Tergantung dengan berapa banyak mahasiswa yang ada di dalam kampus tersebut beserta berapa banyak mata kuliah yang tersedia, akan menjadi pertimbangan dalam menyesuaikan masa pengisian KRS online. Pastikan pihak kampus memberikan waktu yang cukup sehingga semua mahasiswa bisa mengisi KRS onlinenya dengan baik. Sepertinya  1 hingga 2 minggu sudah sangat cukup untuk memberikan waktu bagi para mahasiswa untuk mengisi KRSnya.

 

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments