Disable Preloader

Beberapa waktu belakangan ini, isu tentang New Normal semakin merebak di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia. New Normal diadakan untuk menyambut era baru dalam menghadapi wabah COVID-19. Tentunya kita tidak bisa terus menerus berdiam diri tanpa melakukan aktivitas apapun selama pandemic ini berlangsung, maka dari itulah era New Normal ini digagas agar semua sektor dapat beraktifitas kembali seperti sedia kala namun dengan langkah-langkah kebersihan diri dan jaga jarak yang harus selalu diterapkan, agar penyebaran virus tidak semakin parah. Era New Normal ini juga sepertinya mulai diterapkan di sektor perguruan tinggi yang akan segera menyambut tahun ajaran baru.

Pada masa-masa pandemic semacam ini, penggunaan internet secara signifikan akhirnya meningkat, karena ada banyak kegiatan yang kemudian beralih dilaksanakan secara online, begitu juga dengan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi yang juga dilaksanakan secara online. Dengan berlakunya kegiatan belajar di rumah, maka Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) berubah nilainya menjadi suatu hal yang wajib dan dibutuhkan oleh semua perguruan tinggi. Karena dengan adanya SIAKAD kegiatan belajar mengajar itu bisa dilaksanakan dengan lebih mudah secara online.  Seperti misalnya pada masa Penerimaan Mahasiswa Baru ini maka dengan adanya SIAKAD, Penerimaan Mahasiswa Baru atau PMB itu dilaksanakan secara online dengan menggunakan sistem PMB Online dari SIAKAD.  Berikut ini keunggulan yang dimiliki oleh SIAKAD  yang sangat berguna pada era new normal :

Terintegrasi Secara Real Time

Sistem informasi Akademik atau SIAKAD ini memang dirancang agar data yang diolah di dalamnya bisa terupdate secara real time, maka dari itu tentunya akan mempermudah pembaruan informasi yang ada.  Anda pun bisa melihat histori dari data-data yang terdahulu yang sudah terdata lebih dulu di dalam SIAKAD sehingga dengan demikian proses pengolahan data menjadi lebih cepat dan tentunya paperless.

Basis Data Terpusat

Selain itu jika Anda menyimpan data dengan menggunakan SIAKAD atau Sistem Informasi Akademik ini maka Anda bisa menghindari adanya duplikasi data yang sering kali terjadi ketika Anda menyimpan data secara manual. Selain itu dengan adanya data yang terpusat ini juga menjadikan proses pengambilan data menjadi lebih mudah pada saat dibutuhkan.

Bisa Ditambahkan Modul Sesuai Kebutuhan

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, seperti datangnya wabah COVID-19 yang mendunia saat ini, tentunya membuat kita harus senantiasa waspada dan siap dalam menghadapi segala situasinya. Pada saat munculnya arahan untuk belajar di rumah, tentunya sistem pembelajaran menjadi berubah 180 derajat. Untungnya dengan SIAKAD, modul-modul bisa ditambahkan sesuai dengan kebutuhan yang ada. Pada saat sistem belajar online mulai diterapkan, maka pada SIAKAD garapan Klik Data Indonesia kemudian ditambahkan adanya modul E-learning yang memudahkan dosen dan mahasiswa untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring. Kemudian pada saat Penerimaan Mahasiswa Baru, ditambahkan lagi sistem PMB online yang memungkinkan calon mahasiswa untuk mendaftar perguruan tinggi terkait secara online. Tak ketinggalan juga nantinya pengisian KRS dilakukan pula secara online dan lain sebagainya.  Dengan begitu fleksibelnya SIAKAD maka tentunya sangat membantu pihak Kampus dalam menghadapi berbagai macam situasi yang ada.

Histori Kegiatan Kampus Terekam Jelas

Hal ini sudah dibahas sekilas sebelumnya bahwa pada saat menggunakan SIAKAD maka semua histori data yang berkaitan dengan kampus akan tersimpan dan terekam dengan jelas.  Hal ini nantinya akan sangat membantu saat waktunya tiba untuk pembaruan akreditasi kampus dan lain sebagainya.

Media Komunikasi Bagi Civitas Akademika

Tidak hanya berguna bagi mahasiswa dan dosen saja, maka adanya SIAKAD juga bisa sangat membantu bagi para karyawan yang ada di kampus. SIAKAD bisa menjadi media dalam berkomunikasi bagi semua civitas akademika yang terkait di dalamnya. Pengumuman bisa dengan mudah disebarkan dan diberitahukan kepada seluruh karyawan akademik, mahasiswa dan dosen melalui sistem informasi akademik yang satu ini.

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments