Disable Preloader

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan kalimat Sistem Informasi bukan? Setidaknya Anda pasti pernah mendengarnya meski pun tidak secara langsung bergelut di dalam bidang tersebut. Sistem informasi ini merupakan kumpulan dari komponen yang saling bekerjasama mengelola informasi dalam bentuk data sehingga dapat diproses menjadi lebih mudah untuk berbagai kemudahan dalam sebuah organisasi. Dengan adanya pengelolaan data yang berbasis digital ini memungkinkan segala keputusan juga bisa dibuat dengan lebih mudah sehingga dengan demikian tentunya memudahkan setiap orang dalam bekerja. Bagi Anda yang belum mengetahui seberapa pentingnya penggunaan system informasi dalam sebuah organisasi, simak beberapa informasinya berikut ini !

Hemat Biaya

Bagaimana bisa menggunakan system informasi dikatakan hemat biaya? Memang pada awalnya Anda akan membutuhkan biaya saat pertama kali hendak menggunakan system informasi  yang baru, namun jika dipikirkan kembali, sebenarnya semua biaya yang Anda keluarkan di awal penggunaannya itu tidak seberapa jika dibandingkan dengan biaya yang perlu Anda keluarkan saat Anda belum menggunakan system informasi digital. Saat semua data dikelola secara manual maka Anda harus mengeluarkan biaya tenaga kerja yang akan mengelolanya, belum lagi alat tulis kantor (ATK) seperti kertas dan tinta yang harus dikeluarkan. Namun dengan system informasi digital berupa aplikasi atau software yang digunakan maka Anda bisa lebih hemat dan memangkas semua kebutuhan biaya tersebut dalam jangka waktu yang panjang.

Layanan Semakin Berkualitas

Sistem informasi ini juga sering  kali dikaitkan sebagai solusi dari permasalahan layanan public. Sering kali banyak masyarakat yang mengeluh karena layanan yang diberikan oleh sebuah instansi publik tidak cukup baik sehingga dengan demikian menyusahkan masyarakat. Nah dengan adanya system informasi berbasis internet atau digital yang bisa diakses secara online maka tentunya akan membuat pelayanan public itu diperbarui menjadi lebih baik lagi, sehingga dengan demikian proses pelayanan public bisa berjalan dengan lebih cepat dan tidak membuat masyarakat mengantri terlalu lama. Hal ini contohnya sering terjadi di rumah sakit, saat tidak ada system informasi yang digunakan maka membuat pasien yang hendak berobat mengalami kendala karena harus mengantri lama saat sedang sakit.

Daya Saing Lebih Baik

Dengan adanya system informasi yang baik di dalam sebuah organisasi maka tentunya bisa menambah nilai atau daya saing sebuah organisasi menjadi lebih baik, karena dengan adanya system informasi yang digunakan itu maka kualitas layanan yang bertambah baik serta proses pengambilan keputusan yang lebih cepat menjadi keunggulan utama yang membuat organisasi Anda menjadi lebih terdepan dibandingkan dengan yang lainnya.

Penyimpanan Data Lebih Akurat

Untuk tujuan keuangan dan pemecahan masalah maka tentunya sebuah organisasi membutuhkan data yang akurat. Dengan adanya system informasi ini maka data-data dari waktu yang lama pun tentunya akan tersimpan dan terekam dengan baik sehingga dapat dicari lagi di kemudian hari untuk berbagai kebutuhan. Proses pencarian data yang cepat ini tentunya sangat menghemat waktu dan membantu organisasi dalam mengelola semua informasi.

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments