Disable Preloader

Awal tahun 2021 ini menjadi pembukaan bagi dijalinnya kerjasama antara Klik Data Indonesia dengan RSI Siti Khadijah Palembang, dengan ditandatanganinya kontrak kerjasama maka selama kurang lebih 1 tahun ke depan RSI Siti Khadijah akan menggunakan SIMRS KLIKMEDIC untuk dapat melakukan pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat. Agar penggunaan SIMRS KLIKMEDIC di RSI Siti Khadijah bisa berjalan dengan lebih lancar maka secara khusus pihak RSISK Palembang mengundang langsung perwakilan dari PT. Klik Data Indonesia untuk dapat memberikan pelatihan kepada seluruh staff rumah sakit. Pada akhirnya setelah disepakati bersama maka dipilihlah tanggal 10 Februari 2021 menjadi tanggal diadakannya pelatihan tersebut.

Perwakilan dari PT. Klik Data Indonesia yang datang untuk memenuhi undangan pelatihan tersebut adalah Rudi Yanto selaku Direktur Utama dan juga Mahyuddin yang menjabat sebagai Head Of Operational. Sehari sebelum pelatihan Rudi Yanto dan Mahyuddin terbang ke Palembang dan langsung disambut oleh perwakilan dari rumah sakit. Keesokan harinya (10/02/2021), sesuai dengan rencana, pelatihan tersebut dimulai pada pukul 08.00 WIB dan dibuka dengan sambutan yang diberikan oleh Direktur RSISK, Dr. Jon Ganefi, Sp.PD-FINASIM. MKes serta diikuti dengan sambutan yang disampaikan oleh Rudi Yanto. Tak lupa lantunan ayat suci Al-Qur’an juga dikumandangkan dilanjutkan dengan acara foto bersama untuk mengabadikan momen pelatihan tersebut.

Pelatihan tersebut diadakan di dalam Aula Taufik Kiemas, RSI Siti Khadiah dan diikuti oleh hampir semua staff rumah sakit,  dokter serta jajaran direksi RSI Siti Khadijah Palembang. Pelatihan juga disiarkan secara live melalui Youtube agar para staff rumah sakit yang kebetulan masih bertugas atau berhalangan hadir masih bisa mengikuti pelatihan tersebut secara daring. Pelatihan SIMRS KLIKMEDIC ini dibagi menjadi beberapa sesi, pertama ada sesi khusus untuk manajemen dan dokter, kemudian dilanjutkan dengan sesi untuk kepala ruangan dan lainnya. Pemaparan materi direncanakan akan diadakan hingga di siang hari kemudian dilanjutkan dengan kunjungan langsung tim Klik Data ke unit-unit / departemen yang ada di rumah sakit untuk mengajarkan serta melihat kesiapan masing-masing unit dalam menggunakan SIMRS KLIKMEDIC ke depan.

Sesi pertama pada pelatihan segera dibuka dengan pemaparan materi dari Rudi Yanto mengenai modul-modul yang ada di SIMRS KLIKMEDIC. Untuk modul yang dijelaskan di awal pemaparan adalah mengenai modul Poli. Setelah beberapa saat memaparkan materi, pertanyaan datang dari salah satu dokter yang mengemukakan pertanyaan mengenai solusi yang bisa diberikan untuk mengentri data rekam medik dengan mudah menggunakan SIMRS  KLIKMEDIC yang langsung dijawab oleh Rudi Yanto. Pelatihan berlanjut dengan pertanyaan-pertanyaan yang kembali diajukan oleh peserta pelatihan lainnya. Secara garis besar, para staff Rumah Sakit sangat menyambut dengan baik pelatihan ini dan ikut aktif mengajukan berbagai pertanyaan yang dirasa kurang dimengerti guna mempermudah penggunaan SIMRS KLIKMEDIC di masa yang akan datang.

 

Karena waktu yang tidak begitu panjang maka setiap pemaparan singkat selesai, langsung diikuti dengan sesi tanya jawab. Pelatihan dihentikan sejenak saat waktu istirahat, kemudian dilanjutkan kembali sesuai dengan susunan acara selanjutnya yaitu kunjungan ke unit-unit yang ada di rumah sakit untuk pendalaman materi secara langsung dengan staff yang nantinya akan menggunakan SIMRS.  Kunjungan ke setiap unit di rumah sakit ini berlangsung hingga malam hari dan membahas hampir semua modul yang ada di SIMRS KLIKMEDIC secara menyeluruh. Hal ini dilakukan mengingat waktu kunjungan yang hanya sebentar dan ke depannya jika dirasa masih diperlukan pelatihan-pelatihan tambahan maka akan dilakukan secara daring untuk mempermudah kedua belah pihak. Selepas pelatihan ini selesai diadakan dan tim Klik Data Indonesia kembali ke Banda Aceh pun, pengawasan dan pendampingan penggunaan sistem tentunya akan senantiasa dilakukan agar penggunaan SIMRS KLIKMEDIC di RSI Siti Khadijah ini bisa berlangsung dengan lebih maksimal.

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments