Disable Preloader

Gak usah pakek basa basi ya.. malah nanti jadi tambah basi… hihihi.., Disini saya Cuma mau sharing aja soal membangun aplikasi database, kalo buat yg sudah terbiasa membangun aplikasi database saya rusah sudah sangat paham, gak perlu saya jelaskan dari NOL lagi kan? Kalaupun saya jelaskan jangan-jangan bukan tambah mengerti, malah tambah bingung. Xixixi…

Membangun aplikasi database bahasa sederhananya adalah, kita menciptakan aplikasi dengan bahasa pemrograman tertentu dengan menggunakan Database sebagai media simpan datanya. Dan pada bahasan kali ini saya akan menggunakan Tools : VB.Net sebagai bahasa pemrogramannya dan MySQL/MariaDB sebagai Databasenya.

Lah.. terus itu dijudul ada KLIKEngine, apaan tuh ???, gak usah tegang gitu ah… seloww ajah. Itu mah Cuma tools kecil yg gak keren atau tidaknya ya nanti dirasakan sendirilah, kalau saya yg bilang nanti dibilang pameeerr… somboooong, wkwkwkwk….. gak deng… itu Cuma tools buat membantu menyederhanakan proses Coding saat kita mulai membuat project di VB.Net.

Saya rasa banyak temen-temen yg sudah biasa nge-coding kan ? apalagi dengan VB.Net, tapi firasat saya nih mengatakan ada juga yg belum terbiasa, bahkan sedang mencari konsultan cinta… eiittsss kok ngomongin cinta sih ? emang biro joodddoh.. ? wkwkwk… maksud saya, saya yakin ada sebagian yg belum biasa coding, dan lagi mencari-cari dan memahami coding, alias belajar pemula.

Waduh… kok cerita mulu sih…?? Kapan mulainya… hehehe.. sabar-sabar…, mari kita mulai.
Dalam bahasan ini, saya menggunakan Tools : VB.Net 2010, Database MariaDB 10.2, untuk temen-temen boleh pakai MySQL. Saya menggunakan Connector .NET versi 6.9.12, dan yg terakhir *KLIKEngine.dll* buat membantu dalam menyederhanakan proses codingnya.

Hayukkk.., pertama silakan dibuka App. Visual Basic.Net nya, dan beri nama Projectnya misal dengan : Sample1. Tambahkan beberapa control standar bawaah VB.Net buat keperluan desain project, misal seperti TextBox, ListView, Button dan Label. Textbox nanti digunakan untuk membuat kotak isian (inputan) NAMA dan rubah property Name-nya menjadi “txtNama”. Lalu Tambahkan Listview dan rubah property namenya menjadi : “LVData”, ini nanti buat nampilin daftar nama yg balakan kita input dan disimpan ke database. Terus… tambahkan control Button dan rubah Property namenya jadi “cmdSave”, dan terkhir tempelkan Control Label pada form buat memberikan keterangan isian nama. Buat lebih jelasnya lihat gambar berikut dibawah ini :

Oya… jangan lupa ya, buat Control ListView yg tadi diberi nama “LVData”, ditambahkan Column lewat Property EditColumns. Ah.. saya rasa dah ngerti mah ginian… 1 Kolom aja ya, krn kita baru mau nampilin Data Nama saja. Eits.. hamper lupa, Pilih Property VIEW-nya jadi “Details”.

Tahap berikutnya…
Kita tambahkan Referensi file ke Project kita, yaitu Referensi KLIKEngine.dll dan Referensi MySQLData.dll (Ingat ya.. saya pakai versi 6.9.12). Saya rasa sudah paham lah ya nambah Referensi MySQLData.dll –nya, tapi untuk Referensi KLIKEngine.dll ambil dari Folder yg sudah kalian download. Kalau ada yg masih bingung cara nambahkan Referensinya, gini nih… Klik pada Nama Project VB.Net anda (Sample1), terus klik Menu “Project”, lalu pilih “Add References”.

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments