Disable Preloader

Dalam Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit terdapat salah satu modul yang digunakan pada bagian Rawat Inap, nama modul tersebut adalah Modul Rekam Medik (RM) Rawat Inap. Di dalamnya ada beberapa menu yang dipergunakan untuk mempermudah pendataan di dalam ruang rawat inap. Apa saja menu-menu yang terdapat di dalamnya? Berikut informasinya :

Menu Beranda

Jika Anda login atau masuk ke modul RM Rawat Inap ini maka Anda akan disambut oleh menu Beranda. Seperti pada modul lainnya maka Menu Beranda adalah menu yang biasanya menampilkan rangkuman dari apa yang ada di dalam modul tersebut. Sehingga dengan demikian saat Anda membuka menu beranda maka Anda akan mendapatkan informasi mengenai garis besar atau kesimpulan yang terjadi di ruang rawat inap pada saat ini. Seperti misalnya, pasien yang berada di ruang rawat inap pada saat ini, minggu ini., bulan ini dan bahkan tahun ini. Selain itu Anda bisa melihat data berupa grafik yang berisi informasi tentang pasien.  Ada informasi tentang kondisi pasien pada saat meninggalkan rumah sakit, apakah dalam keadaan sembuh, berobat jalan atau meninggal. Selain itu ada informasi tentang pasien berdasarkan asuransinya dan juga pasien yang mengalami kecelakaan.

Menu RM Rawat Inap

Menu kedua yang ada di dalam modul ini adalah Menu RM Rawat Inap yang berisi data mengenai pasien yang belum pulang dan sudah pulang. Data pasien yang ada di dalam menu ini lebih lengkap terdiri dari kapan pasien tersebut masuk atau pulang, siapa dokter yang bertanggungjawab menanganinya, ruangan yang ditempatinya, hasil pemeriksaan awal dan akhirnya. Sehingga dengan demikian jika misalnya ada kerabat pasien yang ingin menjenguk dan kemudian menanyakan pada petugas di bagian rawat inap, maka petugas tersebut bisa menjawabnya dengan memeriksa data yang terdapat pada menu ini.

Menu Pengkajian Awal

Di dalam menu pengkajian awal ini dibagi lagi menjadi dua sub menu yang pertama adalah keperawatan dan medis. Di dalam sub menu tersebut terdapat lembar isian yang harus diisi petugas untuk melakukan pengkajian awal pada pasien yang masuk ke bagian rawat inap.

Menu Tindakan

Jika sebelumnya pada menu pengkajian awal adalah menu yang digunakan untuk mengkaji kondisi pasien di awal pemeriksaan maka menu tindakan adalah menu yang berisi sejumlah lembar isian mengenai tindakan yang akan dilakukan pada pasien tersebut atau apa saja tindakan yang sudah dilakukan untuk menangani pasien tersebut.

Menu CPPT

CPPT adalah singkatan untuk Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi. Dalam modul RM Rawat Inap ini salah satu menunya adalah CPPT, sehingga petugas yang berjaga di ruang rawat inap bisa mengisi catatan mengenai perkembangan pasien terintegrasi ini pada menu tersebut.

Menu Resep

Dengan modul ini maka Anda juga bisa melakukan penulisan resep untuk pasien yang berada di ruang rawat inap. Ada dua sub menu yang bisa Anda pilih yaitu tulis resep dan riwayat resep. Dengan pilihan tulis resep Anda bisa menuliskan resep baru untuk pasien, sedangkan pada riwayat resep maka Anda bisa melihat riwayat resep yang sudah dituliskan pasien berikut detail nama penerimanya, nama obat, keterangan, cara minum obat dan waktu pengambilan obat tersebut.

Menu Pemeriksaan Lab

Ada dua sub menu yang bisa Anda temukan saat Anda membuka menu pemeriksaan lab yaitu lembar pemeriksaan lab dan riwayat pemeriksaan lab. Di dalam lembar pemeriksaan lab ini terdapat kolom checklist yang bisa dicek langsung oleh petugas di laboratorium. Kemudian menu riwayat pemeriksaan lab adalah pemeriksaan lab yang sudah pernah dilakukan pada pasien yang berada di ruang rawat inap.

Menu Pemeriksaan Radiologi

Sama dengan menu sebelumnya, maka pada menu pemeriksaan radiologi ini terdapat lembar pemeriksaan radiologi yang nantinya setelah diisikan bisa langsung diperiksa oleh petugas yang berada di bagian radiologi untuk diproses. Kemudian ada juga riwayat pemeriksaan radiologi yang berisi informasi tindakan radiologi yang sudah dilakukan pada pasien atau yang sudah masuk ke dalam sistem.

Menu Permintaan Darah

Tidak jauh berbeda dengan menu lainnya pada menu permintaan darah terdapat lembar dan riwayat permintaan darah. Dengan mengisi lembar permintaan darah maka Anda bisa mengirimkan permintaan darah dengan lengkap ke unit transfuse darah dan riwayat akan memunculkan apa saja permintaan darah yang sudah berada di dalam sistem.

Menu Logout

Sesuai dengan namanya maka dengan memilih menu logout Anda bisa keluar dari dashboard modul RM Rawat Inap tersebut.

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments