Disable Preloader

 

Pernahkah Anda mendengar tentang SLims? SLims adalah sebuah software open source atau gratis yang digunakan untuk mengelola perpustakaan secara digital. Aplikasi yang berbasis web ini dikembangkan sendiri oleh tim Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.  SLims pada saat itu dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan juga MySQL yang digunakan menjadi basis datanya, sedangkan untuk web servernya menggunakan Apache.  Sebagai salah satu software open source yang gratis digunakan oleh siapa saja,  maka PT. Klik Data Indonesia juga memberikan pelayanan pemasangan Slims untuk universitas atau perguruan tinggi yang menjadi rekanan dan secara aktif menggunakan SIAKAD dari PT. Klik Data Indonesia.  Agar Anda bisa lebih mengenal mengenai layanan perpustakaan digital yang satu ini maka berikut ini beberapa hal mengenai Slims yang menarik untuk Anda ketahui :

Keunggulan Slims

  1. Memenuhi Kebutuhan Pelayanan Perpustakaan Digital

Slims merupakan aplikasi yang pernah meraih penghargaan pada tahun 2009, tepatnya penghargaan yang didapat tersebut adalah INAICTA atau Indonesia  Information Communication and Technology Award, sehingga dengan demikian Anda tidak perlu ragu lagi mengenai kemampuannya dalam menangani kebutuhan pelayanan perpustakaan digital untuk Universitas atau pun Perguruan Tinggi. Dengan adanya Slims maka urusan katalogisasi dan juga OPAC (online public access  catalog) bisa terpenuhi dengan baik.

  1. Fasilitas Lengkap Untuk Perpustakaan Digital

Selain itu dengan adanya Slims, maka Anda bisa mengurusi masalah urusan manajemen keanggotaan perpustakaan, fasilitas laporan, cetak barcode dan lain sebagainya.  Pastinya semua kebutuhan Anda dalam menjalankan perpustakaan digital untuk kampus bisa diurus dengan adanya Slims.

  1. Mudah Dimodifikasi

Sebagai aplikasi berbasis web yang dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP maka aplikasi ini bisa dimodifikasi dengan mudah sesuai dengan kebutuhan perpustakaan Anda. Dengan demikian aplikasi ini termasuk mudah diadaptasikan dan sangat membantu dalam berbagai hal terkait perpustakaan.

  1. Bisa Dijalankan Dengan Linux Atau Windows

Kemudahan lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan penggunaan Slims ini adalah aplikasi ini bisa digunakan dengan mudah baik dengan menggunakan sistem operasi Linux atau pun Windows sehingga dengan demikian Anda tidak akan kerepotan dan bebas menggunakan salah satu sistem operasi tersebut.

  1. Tersedia Modul Dan Manual Yang Lengkap

Untuk Anda yang baru pertama kali hendak menggunakan Slims ini maka tidak perlu khawatir saat mempelajarinya, karena Slims ini dilengkapi dengan modul dan manual yang lengkap dan juga mudah untuk dipelajari sehingga dengan demikian siapa saja pasti bisa menggunakan aplikasi ini dengan baik.

  1. Selalu Mengalami Pengembangan Dan Perubahan

Anda bisa melihat ada banyak sekali versi dari Slims yang dikembangkan dan dibagikan secara gratis melalui internet. Semua perkembangan ini tentunya membantu Anda dalam mengelola perpustakaan dengan mudah mengingat adanya perbedaan kebutuhan masing-masing perpustakaan di tempat yang berbeda.

Beberapa Fitur Dalam Slims

Selain mengenai keunggulan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan aplikasi yang satu ini maka Anda juga membutuhkan gambaran mengenai apa saja fitur yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan aplikasi ini, berikut beberapa fitur yang ada di dalamnya :

Modul Penelusuran / OPAC (Online Public Access Catalogue)

Opac adalah salah satu modul yang bisa digunakan dari Slims. Dengan OPAC maka Anda bisa melihat semua koleksi lengkap yang ada di perpustakaan, berikut tanggal pengembalian buku, serta berbagai informasi detail yang terkait dengan buku yang ada di dalam perpustakaan. Kemudian Anda juga bisa mencari melalui hyperlink tentang buku yang Anda butuhkan melalui modul yang satu ini. Tentunya dengan adanya modul ini bisa memudahkan staff perpustakaan atau anggota perpustakaan untuk mendapatkan  buku yang ingin dicari dalam perpustakaan.

Modul Sirkulasi

Modul Sirkulasi dalam Slims ini merupakan modul yang bisa digunakan untuk proses peminjaman dan pengembalian buku. Didalamnya juga terdapat pengingat tentang buku yang sedang dipinjam, selain itu fitur manajemen denda bagi anggota yang terlambat mengembalikan buku yang dipinjamnya. Ada juga fitur blacklist untuk menandai anggota yang bermasalah dalam peminjaman atau pengembalian buku.

Modul Manajemen Keanggotaan

Tentunya Anda akan membutuhkan sebuah modul yang dapat digunakan untuk pengelolaan anggota perpustakaan, dengan modul ini maka staff perpustakaan dapat melihat informasi lengkap tentang anggota dengan mencantumkan nama atau nomor keanggotaannya.

Modul Inventarisasi Koleksi

Dalam modul ini Anda bisa melihat semua pelaporan yang ada dari berbagai modul yang ada di Slims, seperti pelaporan manajemen keanggotaan, pelaporan items koleksi, laporan keterlambatan dan lain sebagainya.

Selain modul-modul yang disebutkan di atas masih ada beberapa modul dan fitur yang ke depannya pasti akan terus diperbarui untuk kemudahan pelayanan perpustakaan yang ada di universitas atau perguruan tinggi. Pastinya Slims benar-benar mampu membantu segala macam kebutuhan pelayanan perpustakaan digital sesuai dengan kondisi di universitas/ perguruan tinggi terkait.

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments