Disable Preloader

Dalam dunia perguruan tinggi, tentunya ada banyak data yang harus diselesaikan dalam satu waktu, terkait dengan data mahasiswa sampai data dosen dan staff akademik yang bekerja di perguruan tinggi tersebut.  Sebelum memasuki era digital seperti saat ini semua data tersebut dikelola secara manual  dan tentunya sangat boros kertas, namun saat ini begitu memasuki era digital maka semuanya serba mudah serta praktis. Untuk menanggulangi kesulitan mengurus data kampus yang begitu banyak maka diciptakanlah Sistem Informasi Akademik Kampus Terintegrasi atau yang disingkat menjadi SIAKAD. Sistem ini digunakan secara nasional dan dikembangkan kembali oleh perusahaan-perusahaan IT sebagai vendornya.  Klik Data Indonesia sebagai salah satu perusahaan IT di Indonesia, juga ikut mengembangkan system informasi tersebut yang kemudian aplikasinya disebut sebagai Klik Akademik. Namun di dalam SIAKAD tentunya tidak hanya mengurus masalah akademik saja, namun ada banyak modul lainnya yang bisa digunakan untuk mengurus data yang berkaitan dengan perguruan tinggi. Agar dapat lebih dalam mengenal SIAKAD, berikut beberapa hal yang bisa ditangani dengan menggunakan SIAKAD :

Penerimaan Calon Mahasiswa

Dengan SIAKAD maka mulai dari masalah penerimaan calon mahasiswa yang akan mendaftar pada perguruan tinggi pun bisa ditangani hingga nantinya calon mahasiswa itu berubah menjadi mahasiswa tetap di perguruan tinggi tersebut. Pada saat penerimaan calon mahasiswa baru, SIAKAD akan membantu untuk menampakkan berapa banyak kapasitas mahasiswa yang bisa diterima di setiap prodinya. Kemudian SIAKAD ini juga bisa membantu untuk mengelola kartu ujian penerimaan calon mahasiswa baru, menetapkan ruang ujian untuk sampai  pengumuman kelulusan nantinya.

Mengelola  Data Akademik

SIAKAD ini merupakan sebuah system yang utamanya digunakan untuk mengelola data akademik, pada modul klik Akademik yang terdapat dalam SIAKAD ini secara garis besar terdapat data dari beberapa pengguna yang paling sering berkaitan dengan akademik yaitu Biro Akademik, Prodi, Dosen dan Mahasiswa. Dengan menggunakan SIAKAD, maka data mengenai biro akademik, prodi, dosen dan mahasiswa bisa dikelola dengan lebih teratur dan detail. Bagi biro dan staff prodi maka data perihal kemahasiswaan, staff hingga dosen, berikut jadwal akademik semuanya bisa ditangani dengan lebih praktis. Bagi dosen yang menangani kegiatan belajar mengajar, maka akan lebih mudah dalam berurusan berkaitan dengan prodi dan mahasiswanya. Termasuk juga di dalamnya kemudahan mengelola data nilai dari para mahasiswa. Demikian juga bagi para mahasiswa, bisa mengurus masalah KRS, KHS, transkrip,  kurikulum dan lain sebagainya dengan lebih mudah.

Memudahkan Urusan Skripsi Bagi Mahasiswa

Tugas Akhir Mahasiswa bagi tingkat Strata-1 atau yang sering disebut sebagai skripsi memang sangat memusingkan bagi para mahasiswa, namun dengan adanya SIAKAD ini masalah skripsi ini juga bisa dibantu dengan lebih praktis. Seperti misalnya dalam mengajukan judul skripsi, melakukan bimbingan sampai pada akhirnya mengikuti ujian skripsi atau sidang.

Mengelola Data Wisuda Dan Juga Alumni

Setelah disibukkan oleh tugas akhir tentunya urusan selanjutnya yang harus dilakukan adalah wisuda. Kegiatan akhir yang paling dinanti-nanti oleh seluruh mahasiswa, dimana mahasiswa akan mendapatkan ijazah akhirnya. Dengan menggunakan SIAKAD ini maka urusan wisuda juga bisa dibereskan, sampai akhirnya mahasiswa berstatus alumni pun, SIAKAD akan dapat mendata dengan baik berikut, status dan pekerjaan alumni saat ini.

Tersedia Career Development Center

Ada kelebihan lainnya yang bisa didapat oleh alumni saat kampus tempatnya menuntut ilmu menggunakan aplikasi SIAKAD, yaitu para alumni bisa mendapatkan informasi kerja yang didapat dari rekanan yang bekerjasama dengan kampus, sehingga dengan demikian aplikasi SIAKAD ini akan sangat membantu bagi para mahasiswa bahkan setelah mahasiswa itu lulus dari perguruan tinggi.

Terintegrasi Sehingga Langsung Terhubung Dengan System Feeder

Permasalahan ini adalah permasalahan yang paling dibicarakan saat ini, karena kampus-kampus juga harus melakukan pelaporan ke system feeder yang digunakan untuk kepentingan Ristek DIKTI, kampus dengan mahasiswa yang jumlahnya ribuan, jika tidak menggunakan SIAKAD maka harus melakukan pelaporan secara manual dan tentunya hal itu sangat menyusahkan. Dengan SIAKAD yang terintegrasi ini maka proses pelaporan menjadi lebih mudah dilaksanakan.

Memudahkan Proses Pembayaran Akademik Serta Penyediaan Website

Dengan SIAKAD juga akan memudahkan para mahasiswa untuk melakukan proses pembayaran registrasi, SPP dan lain sebagainya.  Juga kampus yang menggunakan SIAKAD akan memiliki website secara otomatis yang menyediakan informasi lengkap mengenai fakultas, prodi dan juga lembaga kampus lainnya.

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments