Disable Preloader

Zaman sekarang ini ada banyak sekali peraturan baru yang muncul dalam dunia pendidikan, tentunya peraturan baru tersebut muncul untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan saat ini. Salah satu peraturan baru yang muncul adalah adalah adanya keharusan SIAKAD atau sistem informasi akademik kampus saat ini yang harus terintegrasi dengan feeder Dikti. Peraturan tersebut tentunya membarengi bertambah baiknya teknologi saat ini yang kemudian memperbaiki kualitas tata kelola data agar para civitas akademik bisa bekerja dengan lebih mudah. Sistem informasi akademik atau SIAKAD ini dibuat bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan pengelolaan dalam bidang pendidikan yang berbasis online untuk membuat kinerja SDM menjadi semakin baik serta memudahkan pengelolaan data kampus. SIAKAD sangat membantu perguruan tinggi dalam mengelola informasi yang berkaitan dengan perkuliahan seperti jadwal akademik, pengelolaan nilai, penerimaan mahasiswa baru, pengurusan beasiswa, mempermudah administrasi kampus, keuangan, mengelola data base karyawan, dosen dan mahasiswa, serta masih banyak lainnya.

SIAKAD saat ini sudah dituntut agar bisa terintegrasi dengan Feeder DIKTI guna melakukan pelaporan. Feeder DIKTI ini adalah aplikasi yan dikelola pemerintah dalam mengelola data perguruan tinggi. Sistem pelaporan ini adalah suatu bentuk tanggungjawab pemerintah untuk mengawasi mutu pendidikan di perguruan tinggi di Indonesia serta meningkatkannya. Oleh karena itu setiap perguruan tinggi yang ingin diakui secara nasioanal diharuskan melalukan pelaporan pada Feeder DIKTI. Untuk mempermudah staff akademik dalam melakukan pelaporan Feeder DIKTI inilah maka dari itu SIAKAD dibuat sedemikian rupa agar bisa secara langsung membantu perguruan tinggi dalam melakukan pelaporan Feeder DIKTI. Klik Akademik yang merupakan aplikasi SIAKAD yang dikembangkan oleh PT. Klik Data Indonesia juga sudah terintegrasi langsung dengan Feeder DIKTI sehingga memudahkan staff perguruan tinggi yang menggunakannya akan lebih mudah dalam melakukan pelaporan. Namun apa saja alasan yang membuat SIAKAD harus terintegrasi dengan Feeder DIKTI, berikut penjelasannya :

Sebagai Sumber Informasi Untuk Akreditasi

Salah satu indikator yang menarik masyarakat kepada satu perguruan tinggi tertentu adalah karena status dan nilai akreditasi perguruan tinggi tersebut. Perguruan tinggi yang mengantongi akreditasi A dari BAN-PT tentunya jauh lebih berpotensial untuk melahirkan alumni-alumni yang kelak akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan, sebab ada beberapa lowongan pekerjaan saat ini yang memberikan syarat kepada pelamarnya dikhususkan kepada pelamar yang lulus dari perguruan tinggi dengan akreditas A atau B. Nilai Akreditas A atau B menunjukkan bahwa perguruan tinggi tersebut memiliki kelengkapan yang sesuai dengan standar nasional dan tentunya memiliki kualitas yang baik. Nah adanya pelaporan Feeder DIKTI ini juga menjadi salah satu alat yang kemudian dipergunakan BAN-PT untuk mencari informasi yang dibutuhkan untuk pengurusan akreditasi bagi program studi dan perguruan tinggi tersebut.

Sebagai Sumber Pengawasan Kualitas Perguruan Tinggi

Seperti yang sudah disebutkan sekilas sebelumnya bahwa adanya pangkalan data berupa Feeder DIKTI ini digunakan oleh pemerintah untuk mengawasi kualitas pendidikan pada perguruan tinggi di Indonesia. Karena secara berkala perguruan tinggi tersebut dituntut untuk selalu melakukan pelaporan sehingga dengan demikian apabila ada kekurangan pelaporan pada perguruan tinggi tersebut, pemerintah bisa mengawasinya melalui data yang ada pada Feeder DIKTI tersebut.

Sebagai Pemeriksa Keaslian Ijazah Mahasiswa

Pada saat ini ada banyak oknum-oknum tidak bertanggungjawab yang bisa dengan mudahnya membuat ijazah palsu untuk seseorang. Nah dengan adanya pelaporan pada Feeder DIKTI ini maka keaslian ijazah seseorang bisa dicek melalui profil mahasiswa yang ada pada PD DIKTI.  Sehingga dengan adanya pelaporan Feeder DIKTI ini lebih biasa diawasi dengan ketat mengenai oknum-oknum yang ingin melakukan kecurangan dengan membuat ijazah palsu.

Sebagai Pangkalan Data Acuan Untuk Berbagai Instansi

Selain itu adanya pelaporan Feeder DIKTI juga memudahkan berbagai instansi untuk mendapatkan informasi seputar SDM yang melamar pekerjaan pada instansi tersebut, karena data pelamar bisa dicek melalui data Feeder yang dilaporkan pada saat pelamar pekerjaan tersebut masih berstatus mahasiswa. Dengan demikian adanya pelaporan Feeder DIKTI ini juga sangat membantu bagi instansi pemerintah maupun swasta untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan guna memperlancar perekrutan SDM yang sesuai dengan kriteria instansi tersebut.

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments