Disable Preloader

Beasiswa adalah istilah yang lumrah didengar dalam bidang pendidikan, dengan adanya beasiswa maka pelajar dan mahasiswa bisa melanjutkan studinya tanpa memikirkan biaya pendidikan. Ada beasiswa yang diprakarsai langsung oleh pemerintah, organisasi, individu dan juga diprakarsai langsung oleh perguruan tinggi atau universitas tempat mahasiswa tersebut menuntut ilmu. Dengan adanya beasiswa sebenarnya tidak hanya manfaat dalam bidang finansial saja yang bisa diambil melainkan ada banyak manfaat lainnya seperti yang diuraikan di bawah ini :

  1. Menjadi Motivasi Untuk Belajar Lebih Rajin

Saat Anda mendapatkan beasiswa maka hal tersebut bisa dikatakan sebagai sebuah prestasi, karena tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan beasiswa. Dalam beasiswa juga biasanya terdapat syarat-syarat khusus yang perlu dipenuhi agar bisa lulus mendapatkannya. Salah satu contoh syaratnya adalah memiliki nilai yang tinggi selama satu semester. Tentunya dengan mendapatkan beasiswa, maka para pelajar dan mahasiswa bisa menjadi lebih bersemangat untuk belajar agar lain kali bisa kembali mendapatkan beasiswa. Kemudian ada juga beberapa beasiswa yang di dalamnya terdapat kriteria tertentu untuk bisa mempertahankan beasiswa tersebut, misalnya apabila nilai IPK mahasiswa tersebut menurun selama beberapa semester terakhir maka beasiswa bisa saja diberhentikan. Maka dari itu mau tidak mau mahasiswa penerima beasiswa tersebut harus lebih giat belajar demi mempertahankan beasiswa yang didapat.

  1. Biaya Kuliah Terasa Lebih Ringan

Beruntunglah Anda yang mendapatkan beasiswa penuh selama masa studi Anda. Biasanya beasiswa yang didapatkan tidak hanya dipergunakan untuk membayar biaya SPP setiap semesternya saja, namun ada tambahan biaya untuk pelajar atau mahasiswa tersebut membeli berbagai macam barang lainnya yang berkaitan dengan pendidikannya, Anda bisa memanfaatkan adanya kelebihan biaya ini untuk membeli buku, membiayai penelitian atau bahkan menjadi tambahan uang jajan Anda.

  1. Menambah Teman Dan Pengetahuan

Pada saat Anda mendapatkan beasiswa, biasanya seluruh penerima program beasiswa akan dipertemukan dalam beberapa acara tertentu terkait beasiswa, biasanya juga terdapat seminar atau workshop yang akan diadakan berkenaan dengan beasiswa, dengan mendapatkan beasiswa maka tentunya membuat Anda bisa bertemu dengan teman-teman baru yang sama-sama mendapatkan beasiswa sekaligus mendapatkan pengetahuan tambahan.

  1. Menjadi Nilai Lebih Saat Mencari Kerja

Pada saat nantinya Anda mencari pekerjaan, beasiswa yang dulu pernah Anda dapatkan semasa menuntut ilmu juga bisa menjadi nilai lebih, sebab biasanya penerima beasiswa memiliki banyak keunggulan daripada yang lain, apalagi jika beasiswa yang didapatkan adalah beasiswa yang tidak mudah didapat dengan banyaknya persyaratan yang ada di dalamnya, serta seleksi yang harus diikuti calon penerima beasiswanya.

Membicarakan mengenai beasiswa, maka dalam SIAKAD (Sistem Informasi Akademik Terintegrasi) Klik Akademik yang dikembangkan oleh Klik Data Indonesia, terdapat salah satu modul yang digunakan untuk kepengurusan beasiswa, modul tersebut diberi nama modul E-beasiswa atau Klik Beasiswa. Modul ini nantinya bisa digunakan oleh para mahasiswa untuk melakukan registrasi pada salah satu beasiswa yang tersedia di kampusnya. Sedangkan bagi pihak akademik kampus, adanya modul E-beasiswa ini sangat membantu dalam proses pemberian informasi kepada mahasiswa tentang beasiswa yang sedang dibuka, kemudian melihat siapa saja mahasiswa yang sudah melakukan registrasi, melakukan evaluasi terhadap mahasiswa yang melakukan registrasi sampai kepada urusan pemberhentian beasiswa jika nantinya masa beasiswa sudah berakhir. Semua hal tersebut bisa dilakukan dalam satu modul yang sama yaitu modul E-beasiswa tersebut.

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments