Disable Preloader

SIMRS KlikMedic yang dikembangkan oleh Klik Data Indonesia saat ini tercatat telah digunakan oleh kurang lebih 10 rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia.  Sedangkan di wilayah Aceh sendiri ada sekitar 5 rumah sakit dan klinik yang secara aktif terus menggunakan SIMRS KlikMedic dari Klik Data Indonesia. Untuk rumah sakit-rumah sakit yang berada di Aceh tersebut, Klik Data Indonesia secara khusus menempatkan tenaga IT Support untuk membantu dalam mengawal penggunaan SIMRS KlikMedic di rumah sakit tersebut.  Sesuai jadwal di minggu terakhir di bulan Februari ini, Klik Data Indonesia merancang sebuah ide untuk memanggil beberapa orang IT Support SIMRS tersebut untuk datang ke Kantor pusat di Banda Aceh dengan tujuan bersilaturahmi serta membahas berbagai macam permasalahan dan lain hal. Acara yang dilabeli sebagai Workshop And Gathering ini sesuai rencana akan diadakan pada hari Sabtu, 29 Februari 2020 hingga Minggu, 01 Maret 2020. Hari-hari tersebut dipilih karena merupakan hari libur di rumah sakit, sehingga bisa digunakan oleh para IT Support ini untuk bertandang menuju Banda Aceh dan mengikuti workshop.

Masing-masing IT Support yang hadir pada acara workshop kali ini adalah Harly Chandra dan Yan Marzuki Koto yang merupakan tim yang ditempatkan di RSUD Yuliddin Away Tapak Tuan, Antonio dan Rahmad Syah Rizal Pratama yang merupakan tim dari RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh serta Muhammad Amsaruddin yang merupakan IT Support yang ditempatkan di RSUD kota Sabang. Sejak H-1, tim-tim tersebut sudah mulai melakukan perjalanan ke Banda Aceh dan dijadwalkan mengikuti wokshop dan Gathering pada hari Sabtu pagi pukul 09.00 WIB. Selama ini memang belum pernah diadakan gathering untuk beberapa tim IT Support ini sehingga dengan demikian momen ini dirasa paling tepat untuk melakukan silaturahmi sekaligus membahas berbagai hal terkait SIMRS KlikMedic.

              

Sekitar pukul 08.30 WIB para tim IT Support ini sudah berkumpul di kantor Klik Data Indonesia, acara dimulai dengan sarapan bersama semua peserta yang hadir. Suasana hangat terasa karena para IT Support ini tentunya jarang memiliki momen yang seperti ini. Tak lupa sebelum masuk ke ruangan untuk mengikuti workshop diadakan foto bersama untuk mengenang momen tersebut dan selepas foto bersama kemudian workshop pun dimulai di dalam ruang rapat. Workshop diikuti juga oleh beberapa staff Klik Data Indonesia terutama yang berkaitan secara langsung dengan SIMRS. Staff –staff tersebut adalah  Rudi Yanto yang berposisi sebagai Direktur, Mahyuddin sebagai Manager Operasional, Deni Sahputra sebagai Manager IT Support SIMRS, Rajaisin dan Zulfahmi yang merupakan programmer yang saat ini aktif menangani SIMRS KlikMedic serta Anggita Rezki Amelia yang berposisi sebagai Editor atau Content Creator di Klik Data Indonesia yang perlu belajar mengenai SIMRS KlikMedic lebih lanjut untuk mulai membuat modulnya.

Pada hari pertama (29/02) dibahas mengenai berbagai masalah yang terjadi secara internal juga masalah yang terjadi di lapangan. Kemudian dibahas juga secara garis besar mengenai berbagai kebutuhan data yang harus segera disiapkan setelah kembalinya tim ke pos tugas masing-masing, terutama kebutuhan data untuk di modul IGD, gudang dan juga keuangan. Tak lupa satu persatu modul juga dibahas beserta dengan pembaruannya untuk memberi pengetahuan tambahan kepada tim. Modul yang pertama dibahas hari itu adalah modul resepsionis dan juga modul untuk registrasi online maupun offline. Kemudian dibahas juga konfigurasi hadir yang diterapkan di rumah sakit dan klinik untuk memperlancar proses berobat, sehingga bisa dihindari berbagai masalah seperti pasien yang terlalu lama menunggu atau terlambat dipanggil. Nantinya untuk konfirmasi hadir ini akan diarahkan para pasien untuk bisa melakukan konfirmasi hadir dengan cara memindai barcode di mesin antrian. Selanjutnya dibahas juga mengenai resep, apotik dan daftar resep yang ada di apotek serta gudang. Karena pembahasan di hari pertama ternyata cukup banyak, akhirnya tak terasa waktu berlalu sangat cepat dan direncanakan workshop akan kembali dilanjutkan pada hari berikutnya di hari Minggu (01/03).

Di hari kedua, Minggu (01/03), workshop juga diadakan dari pagi hari dan dibuka dengan sarapan bersama seperti halnya di hari pertama. Lalu workshop dilanjutkan lagi dan pembahasan awal yang dibahas adalah mengenai Harga Pokok Penjualan obat yang ada di apotek dengan menggunakan dua rumus yang secara langsung dijelaskan oleh Rudi Yanto, pembahasan dilanjutkan untuk membicarakan tentang web base dan beberapa hal lainnya hingga akhirnya workshop disudahi pada siang hari memasuki waktu shalat Zuhur. Selesai istirahat dan makan siang, Rudi Yanto selaku Direktur kembali mengajak semua peserta untuk masuk ke ruang rapat untuk menyampaikan semua kesimpulan workshop serta kata-kata penutup untuk semua yang telah menyempatkan hadir ke acara kali ini.

 

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments