Disable Preloader

Rumah sakit sebagai tempat pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum tentunya harus bisa memberikan segala macam fasilitas yang dibutuhkan oleh masyarakat. Pada Negara-negara maju salah satu indikator untuk menentukan makmur atau tidak kehidupan masyarakatnya adalah dengan melihat sistem pelayanan kesehatan yang diterapkan.  Di Negara-negara maju, masyarakatnya sama sekali tidak merasa kesulitan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkannya.  Bahkan ada beberapa Negara yang menerapkan sistem pelayanan kesehatan dimana para dokter di Negara tersebut melakukan kunjungan secara berkala pada masyarakatnya. Di Negara Perancis, bahkan saat ibu-ibu baru saja melahirkan maka disediakan layanan housekeeper gratis untuk mereka. Sedetail itulah Negara maju begitu memperhatikan masyarakatnya dalam hal kesehatan, sehingga masyarakat pun merasa senang memanfaatkan pelayanan kesehatan yang diberikan.  Meski belum bisa sepenuhnya meniru sistem pelayanan kesehatan yang ada di Negara maju, namun setidaknya Indonesia harus membenahi diri dengan cara menyediakan rumah sakit yang baik sesuai dengan karakteristik berikut ini :

Ramah Lingkungan

Sebagai tempat yang menjadi pusat untuk penyembuhan para pasien maka tentunya rumah sakit harus bisa dibangun dengan karakteristik yang ramah lingkungan. Dalam hal ini, dimaksudkan agar rumah sakit itu bisa dibangun dengan tatanan yang sesuai dengan perencanaan kota. Lalu juga harus baik terhadap lingkungan sekitarnya, jangan sampai adanya rumah sakit itu justru membuat lingkungan yang ada di sekitarnya merasakan kerugian. Ruangan-ruangan yang ada di dalamnya juga dengan arsitektur yang baik, cukup pencahayaan, menarik dipandang mata dan tidak menyeramkan. Karena kondisi psikis seorang pasien yang menderita penyakit juga sangat penting untuk diperhatikan. Tentunya Anda sendiri tidak akan merasa senang jika harus tinggal dalam ruangan yang pengap, gelap dan kotor pada saat Anda sedang sakit bukan? Maka dari itu arsitektur dari rumah sakit itu sendiri harus terlihat menarik dan membuat siapa saja bisa merasa nyaman berada di dalamnya.

Mudah Diakses

Karakteristik rumah sakit yang mudah diakses ini tidak hanya berkaitan dengan masyarakat agar mudah menjangkaunya saja, namun juga harus mudah diakses bagi ambulans, pemadam kebakaran, transportasi umum dan kendaraan servis. Sehingga jika ada hal-hal yang tidak terduga maka kendaraan-kendaraan tersebut bisa mengakses rumah sakit  dengan mudah. Kendaraan yang berada di dalam rumah sakit, baik itu milik pasien atau staff rumah sakit harus bisa diberi ruang yang cukup di area parkirnya. Ditambah lagi bangunannya harus memiliki akses yang berbeda untuk pembuangan sampah dan juga suplai barang. Sampah adalah tempat menumpuknya kuman dan kotoran maka dari itu harus disediakan sistem pembuangan sampah yang baik di rumah sakit, jangan sampai tempat pembuangan sampah itu berada di dekat tempat suplai barang milik rumah sakit, seperti obat-obatan dan peralatan medis yang memang sudah seharusnya selalu steril.

Staff Dan Peralatan Memadai

Tidak hanya dari segi bangunannya, karakteristik rumah sakit yang baik tentunya juga didukung dengan staff kesehatan dan peralatan yang memadai.  Jumlah staff yang ada harus mencukupi untuk bisa melayani semua pasien yang datang berobat, tentunya tidak cukup satu orang staff saja untuk mengatasi seorang pasien. Demikian juga dengan para dokternya yang jumlahnya harus bisa memadai untuk menyelenggarakan kegiatan berobat setiap harinya. Untuk soal peralatan yang dimiliki oleh rumah sakit tentunya tiap rumah sakit berbeda-beda, tidak semua rumah sakit memiliki peralatan canggih yang bisa digunakan untuk berobat. Namun setidaknya setiap rumah sakit harus memiliki peralatan-peralatan medis yang umum untuk digunakan untuk berobat.

Tanggap Teknologi

Di era teknologi yang seperti saat ini maka tentunya untuk bisa menjadi rumah sakit yang baik, maka rumah sakit itu harus tanggap akan teknologi. Rumah sakit yang baik pada saat ini harus memiliki sistem pelayanan rumah sakit berbasis online yang mampu memudahkan pasien untuk berobat dan mampu mempermudah staff rumah sakit untuk mengakses data rumah sakit dengan lebih mudah. Untuk itulah SIMRS atau sistem manajemen rumah sakit diciptakan untuk membuat pelayanan rumah sakit menjadi lebih cepat, lebih mudah dan lebih nyaman bagi semua pihak yang berkaitan. Sehingga dengan demikian rumah sakit itu benar-benar bisa menjadi mitra masyarakat dalam berobat dengan nyaman  dan menjadikan staff rumah sakit juga bisa bekerja dengan lebih nyaman pula.

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments