Disable Preloader

Menjelang akhir tahun 2019, dunia dihebohkan dengan munculnya sebuah wabah penyakit bernama Corona yang pada awalnya ditemukan di kota Wuhan, China. Dalam sekejap saja, penyebaran virus tersebut tidak dapat dibendung yang mengakibatkan kota Wuhan harus segera di “lockdown” atau ditutup untuk menghentikan penyebarannya. Namun virus tersebut terlanjur menyebar ke segala penjuru dunia, tak terkecuali dengan Indonesia. Virus yang ditandai dengan gejala demam dan mirip flu biasa ini juga mulai menyambangi Indonesia dan membuat warga merasa panik. Sebagai salah satu pencegahan penyebaran virus tersebut maka pemerintah mulai menerapkan adanya social distancing atau menjaga jarak dengan orang-orang di sekitar paling tidak dengan jarak  1 meter. Kebijakan lainnya kembali muncul ketika kasus penyebaran virus ini bertambah dalam sekejap yang tadinya tercatat sebanyak 96 kasus positif corona kemudian berubah menjadi 134 kasus positif corona, akhirnya sekolah dan kampus diliburkan selama 2 minggu sebagai antisipasi penyebaran virus. Untungnya saat ini sudah memungkinkan untuk melakukan pembelajaran online sehingga dengan demikian meski diliburkan dan tidak bisa bertatap muka para siswa dan mahasiswa masih bisa belajar dengan menerapkan pembelajaran dan perkuliahan secara online.

Menerapkan Kuliah Online

 Bahkan sebelum merebaknya virus corona ini sistem perkuliahan online sudah diperkenalkan dan dipergunakan di beberapa kampus. Terutama jika sang pengajar berada di luar kota dan tidak bisa memberikan perkuliahan secara langsung maka dari itu akan diadakan sistem kuliah secara online dengan teleconference sehingga meski tidak berada di tempat yang sama, perkuliahan tetap dapat berjalan dengan baik. Selain itu juga sudah ada banyak sekali aplikasi yang memungkinkan para siswa dan mahasiswa untuk bisa belajar dari mana saja tanpa terikat ruang dan waktu.

Tugas Dan Diskusi Secara Online

Kemudian melakukan social distancing juga bukan berarti Anda tidak bisa melakukan pekerjaan apapun, karena saat ini semuanya serba mobile, dosen bisa mengirimkan bahan tugas secara online melalui email atau forum kepada para mahasiswanya. Demikian juga mengenai diskusi secara online bisa dilakukan sebagai cara pembelajaran efektif meski tidak bisa bertatap muka secara langsung.

Ujian Secara Online

Pada masa mulai diterapkannya social distancing ini sebenarnya merupakan masa-masa ujian bagi para pelajar, namun hal tersebut pun tetap bisa dilakukan dengan cara melakukan ujian online secara real time sehingga dengan demikian ujian tetap bisa dilaksanakan sebagaimana mestinya. Apabila kampus Anda belum pernah menggunakan sistem online dalam perkualiahan maupun ujian, maka bisa mulai diterapkan sistem perkuliahan dan ujian online dengan berbagai macam sistem serta aplikasi online yang memungkinkan diterapkannya kuliah dan ujian online di mana saja.

 

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments