Disable Preloader

Berbeda dengan Negara-negara lainnya yang sangat maju dalam bidang pelayanan kesehatan, nampaknya Negara Indonesia masih perlu banyak membenahi pelayanan kesehatan bagi masyarakatnya.  Masih sering kita dengar berbagai permasalahan dimana masyarakat yang sebenarnya sakit parah namun tidak bisa berobat karena kendala biaya, atau pun pasien yang sudah jauh-jauh datang ke rumah sakit namun tidak ditangani dengan baik dan akhirnya harus menunggu sangat lama untuk bisa mendapatkan pelayanan. Sebenarnya apa saja yang menjadi kendala bagi rumah sakit-rumah sakit di Indonesia dalam memberikan pelayanan kesehatan? Apa yang membuat pelayanan rumah sakit yang begitu penting ini bisa terhambat pelaksanaannya?

Konektivitas

Meski saat ini sudah banyak rumah sakit yang menggunakan sistem manajemen rumah sakit yang berbasis online namun di beberapa tempat di Indonesia yang terpencil akses pelayanan kesehatan digital seperti itu masih belum bisa dikembangkan. Hal ini disebabkan oleh adanya kendala konektivitas, sebab satelit Palapa ternyata belum bisa menjangkau seluruh bagian Indonesia terutama yang berada di bagian timur. Padahal pemerataan layanan kesehatan tentunya amat sangat dibutuhkan agar semua masyarakat di Indonesia bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang sama tanpa terkecuali. Di kota besar seperti Jakarta saja masih ada area blackspot yang terkadang sulit dijangkau oleh sinyal internet. Ini adalah kendala nomor wahid yang sebaiknya mulai diperbaiki oleh pemerintah Indonesia.

Masalah Demografi Dan Geografi

Dalam hal populasi penduduk, Indonesia dikenal sebagai Negara dengan penduduk yang padat, namun sangat disayangkan karena Negara dengan penduduk yang padat ini tidak difasilitasi dengan layanan kesehatan yang mumpuni, sehingga banyak masyarakat yang menderita penyakit namun tidak tertangani dengan baik. Selain itu juga masalah geografis Indonesia yang merupakan Negara kepulauan, juga terkadang menjadi kendala, tidak banyak rumah sakit yang didirikan di daerah terpencil sehingga untuk berobat, masyarakat dari daerah terpencil harus menempuh jarak yang sangat jauh dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Pelayanan Pada Pasien Masih Rendah

Sudah sering kita dengar bahwa karena regulasi dan masalah pendaftaran yang sangat merepotkan akhirnya membuat pasien terkendala untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan cepat. Bahkan ada beberapa pasien yang sebenarnya sakit parah namun dibiarkan menunggu hingga satu bulan lamanya. Nampaknya para pelaku pelayanan kesehatan masih harus lebih sigap dalam menindaklanjuti pasiennya, selain itu juga harus lebih perhatian dalam melayani pasiennya yang dalam hal ini sedang sakit. Kurangnya kepedulian dan lambatnya penanganan dari pelaku kesehatan juga menjadi kendala mengapa pelayanan rumah sakit di Indonesia masih sering terkendala.

Teknologi Pelayanan Kesehatan Belum Dimaksimalkan

Pada saat ini teknologi sudah sangat berkembang, sudah ada banyak sekali alat kesehatan berteknologi canggih yang bisa digunakan untuk memantau kesehatan Anda, namun sayangnya masyarakat masih sangat awam dengan hal ini. Begitu juga adanya SIMRS atau sistem manajemen rumah sakit yang sepertinya masih belum digunakan dengan maksimal oleh semua rumah sakit yang ada di Indonesia, padahal adanya SIMRS ini sangat mempermudah pekerjaan dokter dan staff rumah sakit untuk bisa membantu pelayanan pasiennya.

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments