Disable Preloader

Kali ini akan dibahas seputar salah satu modul yang ada di SIAKAD KlikCampus milik Klik Data Indonesia. Salah satu modul tersebut adalah modul E-Sidang yang gunanya adalah untuk mencatat segala pengurusan administrasi tugas akhir, mulai dari pengajuan sidang proposal dan sidang skripsi hingga keluar hasil sidangnya nanti. Modul ini bisa diakses baik oleh mahasiswa, dosen maupun staff akademik yang bertugas. Modul ini bisa langsung diakses melalui SIAKAD KlikCampus versi web. Untuk lebih lanjutnya mengenai cara login dan macam-macam fitur di dalamnya maka berikut ini penjelasannya :

Cara  Login Ke Modul E-Sidang

Untuk dapat login ke modul E-Sidang maka terlebih dulu Anda harus masuk ke sistem SIAKAD kampus Anda. Kemudian Anda bisa login dengan menggunakan username dan password yang Anda miliki. Setelah berhasil login, maka akan muncul pilihan modul-modul yang ada di dalam SIAKAD, Anda pilih modul E-Sidang lalu pilihlah prodi  yang akan Anda gunakan pada modul E-Sidang, misalnya Anda pilih prodi Keperawatan. Kemudian akan muncul tampilan seperti yang ada di bawah ini.

Seperti yang bisa Anda lihat di atas, setelah Anda berhasil login maka akan muncul tampilan dashboard yang ada di modul E-Sidang, pada bagian sebelah kiri Anda bisa melihat beberapa menu yang disediakan pada modul E-Sidang. Kemudian di sebelah kanannya Anda bisa melihat tampilan yang menunjukkan garis besar isi dari modul E-Sidang seperti misalnya jumlah mahasiswa yang sedang bimbingan proposal dan skripsi, jumlah mahasiswa yang sudah mendaftar sidang dan lain sebagainya.

Fitur Pendaftaran Sidang

Pada gambar sebelumnya sudah ditunjukkan bahwa ada beberapa Menu Utama yang ada di dalam modul E-Sidang yang letaknya berada di bagian sebelah kiri, di sana Anda bisa melihat pilihan Menu Sidang yang jika Anda tekan akan muncul beberapa sub menu yang ada di bawahnya. Salah satunya adalah Sub Menu Pendaftaran Sidang, pada sub menu itulah yang digunakan oleh para mahasiswa untuk mendaftar sidang. Pada menu pendaftaran sidang itu Anda juga bisa melihat daftar mahasiswa yang sudah mendaftar sidang sebelumnya. Untuk dapat mendaftar sidang maka Anda bisa memilih tombol Pendaftaran Sidang yang letaknya di kanan atas, tombol ini akan terlihat ketika Anda sudah memilih Sub menu Pendaftaran Sidang. Kemudian pada layar komputer Anda akan muncul formulir sidang yang harus Anda isi. Setelah mengisi formulir tersebut jangan lupa tekan tombol Simpan yang ada di bagian bawah formulir.

Fitur Riwayat Pendaftaran Sidang

Kemudian pada modul E-Sidang ini Anda juga bisa melihat Riwayat Pendaftaran Sidang yang berisi daftar riwayat pendaftaran sidang yang sudah didaftarkan sebelumnya. Di daftar tersebut Anda bisa melihat nama mahasiswa yang sudah mendaftar sidang, berikut informasi mengenai prodi mahasiswa tersebut, judul skripsinya, tanggal daftar sidang, tahun ajaran serta SK Penguji yang ditunjuk untuk menguji sidang mahasiswa yang bersangkutan.

Fitur Jadwal Sidang

Ada juga fitur Jadwal Sidang yang bisa digunakan dalam modul E-Sidang yang memperlihatkan jadwal Sidang yang sudah didaftarkan lengkap dengan keterangan tanggal pelaksanaannya sampai ruang sidang dimana akan dilaksanakan sidang tersebut.

Fitur Hasil Sidang

Setelah sidang selesai dilaksanakan, maka hasil sidang juga akan ditampilkan melalui modul E-Sidang. Hasil sidang menjadi salah satu sub menu pada menu sidang. Di sana akan ditampilkan hasil sidang yang sudah dilaksanakan oleh para mahasiswa.

Fitur Konfigurasi

Terakhir terdapat menu Konfigurasi pada modul E-Sidang yang fungsinya untuk mengatur konfigurasi beberapa surat yang terkait dengan pengurusan sidang seperti misalnya SK Penguji dan lain sebagainya.

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments