Disable Preloader

Virus Corona atau COVID-19 yang mulai muncul di akhir tahun 2019 menjadi isu internasional yang membuat seluruh dunia terfokus padanya. Penyebarannya yang cepat dalam waktu beberapa bulan saja sudah membuat seluruh dunia panik dan masing-masingnya mulai mengeluarkan kebijakan darurat yang berlaku sampai wabah ini berhasil ditangani. Kebijakan itu tentunya diambil untuk keselamatan masyarakatnya.  Di seluruh dunia akhirnya timbul gerakan #stayathome atau #dirumahaja agar penyebaran virus tidak makin parah, timbul juga istilah social distancing untuk mengurangi kontak masyarakat sehingga rantai penyebaran virus ini bisa diputus.

Pada sekitar awal Februari, Indonesia mulai terkepung dengan penyebaran virus ini sehingga pemerintah juga  akhirnya mengeluarkan beberapa kebijakan. Beberapa kebijakan tersebut juga berkaitan dengan pendidikan, berikut ini ada beberapa kebijakan yang dikeluarkan dalam bidang pendidikan di Indonesia pasca penyebaran wabah COVID-19 :

Belajar Dan Kuliah Online

Peningkatan pasien yang terjangkit virus Corona sangatlah pesat, sehingga Indonesia pun harus mengambil sikap cepat untuk menangani masalah ini sebelum penyebarannya makin parah dan tidak bisa dihentikan. Penyebaran virus ini terjadi saat terjadi kontak antara orang yang terjangkit virus Corona dengan orang yang sehat dengan kekebalan tubuh yang lemah, oleh karena itu social distancing atau jaga jarak sosial harus diberlakukan, hal tersebut berdampak pada tidak diperbolehkannya perkumpulan atau jumlah orang yang banyak dalam satu ruangan dan satu waktu. Sekolah dan kampus salah satu tempat yang setiap harinya terdapat banyak kumpulan orang dalam satu waktu, sehingga dengan demikian pemerintah cepat mengambil keputusan untuk merumahkan seluruh pelajar dan mahasiswa di Indonesia, lalu kegiatan belajar mengajar diadakan secara online. Hal ini berdasarkan pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan COVID-19 pada Satuan Pendidikan. Awalnya belajar dan kuliah online hanya akan dilakukan sampai akhir Maret 2020, namun nyatanya karena situasi makin parah, banyak daerah yang kemudian memanjangkan masa belajar dan kuliah online hingga setelah lebaran, begitu pula yang terjadi di Provinsi Aceh.

UN 2020 Ditiadakan

Lalu bagaimana dengan Ujian Nasional yang rencananya akan mulai diadakan pada bulan April 2020 ini? Tentunya demi keselamatan semua pihak, Ujian Nasional tidak dapat dilaksanakan, hal ini diputuskan oleh Presiden Joko Widodo dan menteri-menterinya pada Rapat Terbatas yang diadakan pada tanggal 24 Maret 2020 yang lalu. Pada saat itu opsi pengganti UN dibicarakan dan diusulkan untuk melakukannya secara online, namun tentunya dengan banyaknya peserta UN dan keterbatasan unit komputer yang tersedia serta waktu yang tidak lama membuat rencana itu sirna seketika. Meski UN 2020 telah ditiadakan, namun pemerintah masih mencari cara untuk akumulasi nilai akhir para siswa di Indonesia saat ini.

Mundurnya Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Nasional

Dengan ditiadakannya jadwal UN 2020, tentunya hal ini juga berdampak pada mundurnya jadwal seleksi masuk perguruan tinggi nasional. SNMPTN sudah mulai dilakukan sejak Desember 2019 dan rencananya pengumumannya akan dilakukan pada bulan April 2020 ini, namun karena adanya musibah ini pengumuman SNMPTN pun harus ditangguhkan. SNMPTN adalah seleksi masuk perguruan tinggi berdasarkan hasil perankingan nilai siswa dari sekolah, selain seleksi tersebut, calon mahasiswa masih bisa mengikuti seleksi lain dengan melakukan tes Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN yang sesuai jadwalnya akan diadakan pada bulan April hingga Mei 2020 ini namun tentunya dengan adanya wabah COVID-19 yang belum berakhir, maka seleksi ini juga akan diundur pelaksanaannya.

Sungguh disayangkan karena semua proses pendidikan ini harus terhenti, namun tentunya hal tersebut demi kepentingan dan keselamatan seluruh masyarakat Indonesia. Di masa-masa ini kita harus selalu bisa berpikir positif dan terus menjaga kebersihan serta melakukan social distancing sebagaimana mestinya agar kita semua bisa terhindar dari virus ini. Tindakan tersebut tentunya juga bisa menyelamatkan orang-orang yang Anda sayangi yang rentan terkena virus ini. Semoga wabah ini segera berakhir sehingga kita bisa beraktivitas dengan normal seperti semula. Aamiin.

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments