Disable Preloader

Asuransi kesehatan resmi dari pemerintah Indonesia yang digunakan oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia dikenal sebagai BPJS Kesehatan. Asuransi ini bisa digunakan pada seluruh rumah sakit milik pemerintah dan beberapa rumah sakit swasta yang bekerjasama dengan pihak BPJS.  Dengan adanya BPJS Kesehatan ini tentunya sangat membantu masyarakat untuk bisa mendapatkan layanan kesehatan yang dibutuhkannya. Dengan adanya BPJS Kesehatan ini maka kapan saja Anda sakit, Anda bisa langsung menggunakannya untuk berobat, sebab kita tidak pernah bisa memprediksi kapan penyakit akan menyerang, sehingga dalam keadaan yang darurat, BPJS bisa sangat membantu.

Di dalam SIMRS Klik Medik sebagai sistem informasi manajemen Rumah Sakit yang dikembangkan oleh PT. Klik Data Indonesia pun juga tersedia fitur untuk melakukan claim atau bridging dengan sistem BPJS Kesehatan sehingga rumah sakit yang menggunakan Klik Medik bisa dengan mudah melakukan pelaporan atau melakukan claim pada BPJS Kesehatan terkait pasien yang menggunakan BPJS Kesehatan untuk berobat di rumah sakit tersebut. 

BPJS secara garis besar menanggung hampir semua layanan kesehatan, namun ada beberapa layanan kesehatan yang tidak ditanggung oleh BPJS, juga ada beberapa obat yang tidak masuk dalam daftar tanggungan BPJS, sehingga dengan demikian pasien harus membeli obat tersebut sendiri di apotek lain. Ada pun beberapa layanan kesehatan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan diantaranya adalah layanan kesehatan tingkat pertama yang terdiri dari Rawat Inap & Rawat Jalan tingkat pertama, layanan kesehatan tingkat lanjut, layanan persalinan, layanan gawat darurat dan layanan penjemputan ambulans. Agar Anda bisa menggunakan layanan kesehatan itu dengan baik, maka pastikan Anda membayarkan iuran bulanan dengan rutin, sehingga dengan demikian Anda tetap bisa menggunakan asuransi tersebut kapan saja Anda butuh. Nah, agar lebih mudah lagi bagi Anda menggunakannya berikut ini cara yang tepat untuk menggunakan BPJS Kesehatan yang sesuai dengan prosedurnya :

Datang Ke Faskes Terdekat Terlebih Dulu

Untuk menggunakan layanan kesehatan yang ada di BPJS Kesehatan maka sebaiknya Anda datang ke fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti puskesmas terlebih dulu, hal ini berlaku untuk pasien yang tidak membutuhkan penanganan dengan segera atau darurat. Ketika nantinya puskesmas tidak bisa menangani penyakit atau keluhan yang dirasakan, maka selanjutnya puskesmas akan membuatkan rujukan kepada pasien untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit. Sedangkan untuk pasien yang membutuhkan penanganan gawat darurat bisa langsung datang ke rumah sakit dan langsung menuju ke bagian IGD atau instalasi gawat darurat.

Jika Berobat Di Rumah Sakit, Pastikan Membawa Rujukan

Jika Anda ingin penyakit atau keluhan kesehatan Anda langsung ditangani oleh pihak rumah sakit, maka sebaiknya sebelum Anda berobat Anda pastikan untuk membawa rujukan yang dibuat oleh fasker tingkat pertama seperti Puskesmas. Oleh karena itulah sebelumnya disarankan kepada Anda untuk datang ke faskes tingkat pertama terlebih dulu saat Anda ingin berobat. Karena jika Anda datang langsung ke rumah sakit rekanan BPJS Kesehatan tanpa membawa surat rujukan, maka bisa jadi klaim Anda tidak bisa diterima dan Anda tidak bisa berobat di rumah sakit tersebut.

Pasien Gawat Darurat Bisa Langsung Ke IGD

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa untuk pasien yang membutuhkan penanganan darurat maka bisa langsung menuju ke bagian Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang ada di rumah sakit. Nantinya setelah penanganan dilakukan barulah Anda wajib melengkapi administrasi salah satunya dengan menunjukkan kartu BPJS Kesehatan Anda yang masih aktif. Ingat, pastikan juga untuk datang ke IGD rumah sakit yang tercatat sebagai rekanan BPJS. Sebagai informasi, semua rumah sakit pemerintah kini telah bekerjasama dan menjadi rekanan BPJS.

Menggunakan Layanan Ambulans

Saat seorang pasien harus dipindahkan dari satu rumah sakit menuju ke rumah sakit lainnya yang juga merupakan rekanan BPJS, maka pasien bisa menggunakan layanan ambulans yang tersedia, cara untuk menggunakan ambulans menggunakan klaim BPJS kurang lebih sama dengan cara klaim BPJS Kesehatan untuk fasilitas lainnya.

Pemilihan Fasilitas Kamar Inap

Apabila Anda sakit dan harus dirawat inap maka dengan BPJS Anda bisa menggunakan fasilitas kamar rawat inap yang ada di rumah sakit, namun biasanya BPJS Kesehatan hanya akan menanggung pembayaran kamar rawat inap yang kelas 1, untuk mendapatkan kamar inap yang fasilitasnya lebih baik, Anda bisa membayarkan tambahan biaya menginap.

Perawatan Di Luar Daerah

Terkadang ada situasi dimana Anda harus melakukan proses perawatan di luar daerah tempat tinggal Anda, jika Anda mengalami hal demikian pastikan Anda memiliki surat pengantar dari kantor BPJS dimana Anda tinggal, setelah itu Anda bisa membawa surat tersebut ke kota dimana Anda akan melakukan perawatan dengan menggunakan BPJS Kesehatan tersebut. Jika tanpa menggunakan surat pengantar maka perawatan di luar daerah dengan menggunakan BPJS Kesehatan tidak bisa dilakukan.

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments