Disable Preloader

Demi memberikan pemahaman yang sama mengenai salah satu modul dalam SIMRS KLIKMEDIC yaitu Modul Farmasi atau Modul Apotik, maka kali ini Klik Data Indonesia membuat sebuah pelatihan daring khusus untuk modul tersebut. Pelatihan ini bersifat terbuka dan bisa diikuti oleh staff rumah sakit rekanan yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai modul Farmasi dan sekiranya memiliki waktu untuk mengikutinya. Pelatihan diadakan di hari Sabtu (10/10) dan dimulai pukul 10.30 WIB.  Pelatihan ini sengaja diadakan di hari Sabtu, agar para staff rumah sakit yang ingin berpartisipasi bisa lebih leluasa mengikutinya, karena di hari Sabtu biasanya staff IT rumah sakit mendapatkan jatah libur atau setidaknya tidak memiliki pekerjaan yang begitu padat seperti hari lainnya.  Tercatat rumah sakit yang join meeting melalui zoom adalah perwakilan dari RSUD TAIS Bengkulu, RSI Siti Khadijah Palembang, RSIA Setya Bhakti Bogor, RSUD Depati Bahrin Bangka Belitung, RSUD Anugerah Tomohon, RSUD dr. T.C Hillers Maumere, serta beberapa IT support rumah sakit Klik Data Indonesia yang tersebar di beberapa rumah sakit di Aceh dan Sumatra utara.

Pelatihan daring tersebut dipimpin langsung oleh Direktur Klik Data Indonesia, Rudi Yanto, yang memang merupakan pencetus ide dari diadakannya pelatihan ini. Pelatihan dilakukan via zoom dan dimulai dengan pengenalan awal mengenai modul Farmasi/Apotik di SIMRS KLIKMEDIC beserta seluruh fitur-fitur yang ada di dalamnya.  Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan mengenai bagaimana caranya untuk membuat resep obat pada modul Farmasi, cara melihat resep dari ruangan, stock opname dan berbagai penjelasan lainnya secara keseluruhan mengenai modul Farmasi. Di sela-sela pelatihan tersebut, peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya dan tentunya hal tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta pelatihan ketika muncul hal yang kurang dimengerti. Seperti misalnya perwakilan dari RSIA Setya Bhakti mengajukan pertanyaan mengenai cara menghitung harga obat dengan pajak dan mengenai cara input data barang pada modul tersebut. Ada juga pertanyaan yang datangnya dari perwakilan RSUD TAIS mengenai fungsi salah satu tombol yang ada di dalam modul Farmasi.

Berhubung pembahasan mengenai modul Farmasi ini cukup panjang, maka menjelang adzan zuhur, pelatihan dihentikan sejenak untuk istirahat dan melaksanakan ibadah shalat zuhur. Kemudian pelatihan kembali dilaksanakan tepat pukul 14.00 WIB. Begitu pelatihan kembali dilanjutkan perwakilan dari RSIA Setya Bhakti langsung mengajukan pertanyaan, namun kali ini pertanyaan yang diajukan diluar modul Farmasi. Pertanyaan tersebut dilanjutkan dengan pertanyaan lainnya yang disampaikan oleh perwakilan RSUD Depati Bahrin. Secara garis besar semua peserta yang mengikuti pelatihan daring kali ini cukup antusias dan aktif, karena adanya pelatihan daring ini juga berdasarkan dari permintaan kebanyakan klien yang merasa belum paham benar mengenai pengaplikasian modul Farmasi ini. Rudi Yanto selaku pemateri dalam pelatihan ini juga menjelaskan sembari memperlihatkan secara langsung ke dalam modul Farmasi dengan fitur share screen yang ada di zoom, agar para peserta bisa benar-benar memahaminya dan tidak hanya mendengarkan penjelasan semata. Penjelasan juga disertai dengan contoh-contoh kasus yang ada di lapangan untuk memudahkan para peserta apabila kelak mengalami hal yang serupa.  Pelatihan tersebut terus berlanjut dan berakhir menjelang sore hari.

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments