Disable Preloader

Rasanya pada saat ini tanpa internet kita tidak bisa melakukan aktivitas dengan sempurna karena semua hal saat ini kebanyakan menggunakan internet.  Semua orang mencari berbagai informasi melalui internet, bahkan informasi yang kecil sekali pun. Lebih dari itu internet juga bisa membantu seseorang dalam menyimpan dokumen dan melakukan berbagai pekerjaan. Semakin lama semakin canggih saja teknologi internet yang ada, salah satunya adalah dengan adanya cloud computing. Cloud computing atau yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai komputasi awan ini adalah suatu kolaborasi antara kecanggihan teknologi komputer yang dipadukan dengan jaringan yang berbasis internet. Cloud computing membuat internet menjadi pusatnya penyimpanan data dan nantinya pengguna internet akan diberikan akses untuk login ke dalamnya. Pada saat ini cloud computing juga diperlukan dalam kegiatan akademisi di kampus-kampus. Anda pun bisa mengambil banyak manfaat dari cloud computing seperti berikut ini :

Pusatnya Penyimpanan Data

Data-data dalam jumlah besar seperti yang dimiliki oleh kampus-kampus tentunya membutuhkan tempat penyimpanan yang besar. Terkadang jika Anda menyimpan data-data tersebut di sebuah harddisk misalnya, tidak ada jaminan bahwa data tersebut bisa selalu tersimpan dengan baik, karena harddisk bisa saja rusak kapan saja. Nah solusinya Anda bisa menggunakan cloud computing ini untuk menyimpan data-data tersebut. Nantinya data yang akan disimpan itu akan berada dalam satu server yang terpusat, cloud computing juga bisa memilah penyimpanan dokumennya menjadi lebih rapi. Anda bisa dengan mudah mengaksesnya pada saat membutuhkan data-data tersebut. Dipastikan data Anda bisa lebih aman karena disimpan secara virtual.

Penyimpanan Data Lebih Aman

Apabila Anda menyimpan data-data penting seperti data akademik dalam cloud computing ini maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan tentang keamanan penyimpanannya, karena cloud computing ini juga dilengkapi dengan jaminan data pribadi, jaminan platform dan jaminan keamanan lainnya. Apalagi dikarenakan oleh penyimpanan datanya yang terpusat maka tentunya keamanannya juga dibuat dengan secanggih mungkin sehingga Anda tidak perlu khawatir saat menggunakan cloud computing untuk penyimpanan data penting.

Fleksibel Untuk Digunakan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa cloud computing ini menggunakan jaringan internet untuk mengaksesnya, sehingga dengan demikian asalkan Anda memiliki jaringan internet yang baik, dimana saja dan kapan saja Anda bebas untuk mengakses data yang Anda simpan dalam cloud computing tersebut. Tentunya dengan data yang tersimpan secara virtual ini Anda tidak perlu repot membawa perangkat harddisk atau bahkan laptop Anda kemana-mana, sungguh fleksibel bukan?

Lebih Hemat Biaya

Sudah tentu saat Anda menggunakan cloud computing ini untuk penyimpanan data Anda maka Anda tidak perlu lagi menggunakan tempat penyimpanan dengan kapasitas besar lainnya, sehingga sudah tentu Anda bisa menghemat biaya karena tidak perlu membeli harddisk atau perangkat lain untuk menyimpan data-data penting Anda.

Mendapatkan Kapasitas Penyimpanan Super Besar

Dengan menggunakan cloud computing ini seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Anda pastinya akan mendapatkan kapasitas penyimpanan yang super besar. Tak perlu lagi harddisk atau perangkat lain, cukup dengan cloud computing saja Anda sudah bisa menyimpan data-data akademik kampus dan data lainnya di dalamnya.

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments