Disable Preloader

Mahasiswa tingkat akhir akan dihadapkan dengan skripsi atau tugas akhir menjelang kelulusannya. Skripsi tersebut menjadi salah satu persyaratan yang membuat mahasiswa tersebut bisa dinyatakan lulus sebagai sarjana. Dengan adanya SIAKAD Klik Academic maka dibuat juga modul khusus untuk mengurus semua data yang berkaitan dengan tugas akhir ini yang disebut sebagai e-skripsi. Modul ini membantu untuk mengalihkan pencatatan tugas akhir di akademik yang semula semuanya serba manual sekarang dapat dilalukan secara digital.  

Modul E-Skripsi ini dapat diakses secara langsung baik itu oleh mahasiswanya, dosen maupun staff akademik kampus yang ikut mengurusi masalah pendataan tugas akhir mahasiswa. Cara login menuju modul E-Skripsi ini sama saja dengan modul lainnya di sistem SIAKAD, Anda hanya perlu login menggunakan username dan password Anda lalu pilih modul E-skripsi. Lalu apa saja fitur yang ada di dalam modul E-Skripsi yang bisa dimanfaatkan untuk masalah pencatatan tugas akhir? Berikut ini beberapa informasinya :

Mengajukan Judul Skripsi

Pada saat mahasiswa akhir hendak menggarap tugas akhir maka hal pertama yang akan dilakukan adalah menentukan judul skripsi yang hendak digarap tersebut. Judul yang bisa digarap adalah judul yang disetujui oleh dosen pembimbing. Setiap mahasiswa dapat mengajukan judul maksimal tiga judul, lalu nantinya setelah didaftarkan melalui modul E-Skripsi dan kemudian melakukan bimbingan dengan dosennya maka akan ditentukan satu judul yang bisa diambil untuk dijadikan tugas akhir. Untuk setiap judul yang diajukan pada modul akan terlihat warna yang berbeda sesuai dengan statusnya. Jika judul skripsi belum diterima, maka warna baris pada tabelnya akan berwarna hitam. Jika judul sudah diproses dan diterima maka warnya akan berubah menjadi hijau. Sebaliknya, warna kuning menandai bahwa judul skripsi itu diproses namun ditolak. Bagi judul yang sudah diolah menjadi proposal  dan diseminarkan maka jika lulus akan berwarna biru. Namun jika harus mengulang proposal maka judulnya akan berwarna merah. Untuk mengajukan judul ini, Anda bisa melakukan pendaftarannya melalui menu Proposal/ Skripsi dan pilih sub menu Judul Diajukan.

Mendata Mahasiswa Bimbingan

Di menu Proposal/ Skripsi yang terdapat dalam modul E-Skripsi ini dosen maupun staff akademik bisa mendata mahasiswa yang sedang melaksanakan bimbingan proposal dan juga skripsi. Selain itu di menu proposal/skripsi ini juga ada satu sub menu lagi yaitu sub menu riwayat pengajuan judul.

Mendata Dosen Bimbingan

Kemudian pada modul E-Skripsi ini Anda juga bisa melihat data dosen yang melakukan bimbingan untuk masing-masing mahasiswa yang terdaftar sedang melakukan tugas akhir. Di menu ini, selain melihat nama dosen bimbingan, maka Anda bisa melihat juga jumlah bimbangan proposal dan bimbingan skripsi yang sedang dilakukan oleh dosen tersebut berikut dengan riwayat bimbingannya.

Mengatur Konfigurasi Template SK Pembimbing

Di dalam menu konfigurasi ini terdapat sub menu Template SK Pembimbing yang bisa digunakan untuk mengunggah  Surat Keputusan Ketua Prodi untuk menunjuk dosen pembimbing yang akan membimbing mahasiswa menyelesaikan tugas akhir.

Itulah beberapa fitur yang ada di dalam modul E-Skripsi yang bisa mempermudah mahasiswa, dosen dan staff akademik dalam mengolah data serta mengurus tugas akhir di kampusnya masing-masing hingga akhirnya tugas akhir itu selesai serta mahasiswa dinyatakan berhak lulus menjadi sarjana.

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments