Disable Preloader

SIMRS yang merupakan kepanjangan dari Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit adalah sebuah aplikasi yang digunakan oleh sebuah rumah sakit untuk mengelola berbagai macam data di dalam manajemen rumah sakit. Dengan adanya pengelolaan yang baik dan tertata maka tentunya bisa membuat proses pengambilan keputusan dan lain sebagainya yang dilakukan oleh rumah sakit tersebut menjadi lebih lancar. Sudah seharusnya pihak rumah sakit kini mengikuti perkembangan teknologi untuk kebaikan rumah sakit sendiri di masa yang akan datang. Aplikasi SIMRS ini kini memang sudah banyak digunakan oleh rumah sakit yang ada di seluruh Indonesia, namun ada juga beberapa rumah sakit yang tidak menggunakan aplikasi tersebut. Bagi pihak rumah sakit yang belum menggunakan SIMRS dan sedang merasa tertarik dengan penggunaan SIMRS di rumah sakitnya maka sebaiknya memperhatikan 6 unsur penting dalam penerapan SIMRS yang diperlukan oleh rumah sakit berikut ini :

Software

Untuk membuat pengelolaan data dan informasi di rumah sakit menjadi lebih baik maka Anda tentunya membutuhkan software dalam hal ini adalah software SIMRS yang akan Anda terapkan nantinya. Software SIMRS ini nantinya harus diinstal di seluruh komputer yang digunakan di rumah sakit terutama di bagian pelayanan pasien seperti pada loket pendaftaran pasien, poli, bagian rawat inap, IGD hingga apotek pun bisa menggunakan aplikasi SIMRS ini untuk kelancaran pelayanan pasien yang ada di dalam rumah sakit. Dengan adanya SIMRS ini maka tentunya pelayanan pasien bisa menjadi lebih cepat dan data yang ada di dalam software ini bisa disimpan dengan baik. Tidak hanya data pasien saja yang bisa disimpan di SIMRS melainkan data perlengkapan rumah sakit seperti stok obat-obatan juga bisa didata, sekaligus juga digunakan untuk mendata staff rumah sakit.

Hardware

Dalam penerapannya tentu rumah sakit nantinya akan membutuhkan sejumlah hardware untuk membantu kelancaran penggunaan SIMRS. Hardware tersebut seperti misalnya saja komputer, sudah tentu komputer adalah unsur yang amat penting dalam menjalankan SIMRS. Sebuah rumah sakit yang menerapkan SIMRS harus memiliki komputer dengan spesifikasi yang baik, rumah sakit juga harus menyediakan satu komputer yang digunakan sebagai server di rumah sakit tersebut yang nantinya akan hidup selama 24 jam penuh selama rumah sakit tersebut beroperasi, untuk keperluan komputer server ini maka tentunya rumah sakit harus menyediakan komputer yang memiliki spesifikasi yang tinggi karena tentunya untuk bisa dihidupkan 24 jam tentunya akan membuat komputer yang biasa menjadi cepat rusak. Tidak hanya komputer saja yang Anda butuhkan, Anda juga membutuhkan printer, jika nantinya ada berkas yang perlu dicetak. Kemudian biasanya Anda juga akan membutuhkan TV untuk menampilkan nomor antrian pada loket  misalnya. Tak ketinggalan juga Anda memerlukan mesin box antrian yang digunakan pasien untuk mengambil nomor antrian secara otomatis.

Networking

Networking adalah jaringan internet yang digunakan untuk menjalankan SIMRS agar bisa berjalan dengan lebih lancar. Jaringan yang dibutuhkan seperti misalnya jaringan LAN, wireless dan lainnya. Tanpa adanya jaringan itu tentunya penerapan SIMRS tidak akan bisa dilaksanakan dengan lancar. Untuk dapat mengakses SIMRS tentunya penggunanya harus menggunakan koneksi internet agar bisa menggunakan SIMRS dengan lancar. Jaringan ini pun diharapkan tidak terputus selama 24 jam penuh.

SOP (Standard Operating Procedure)

Pihak rumah sakit yang menggunakan SIMRS harus menerapkan SOP baru untuk menjalankan SIMRS bagi semua staff rumah sakit terutama yang menggunakan SIMRS secara langsung. Karena SIMRS nantinya digunakan untuk hampir seluruh kegiatan rumah sakit maka dari itu tentunya harus ada aturan yang tepat untuk menjalankannya, sehingga semua staff bisa bertanggungjawab dengan penggunaan SIMRS yang dilakukannya.

Komitmen

Pada saat rumah sakit memutuskan untuk menggunakan SIMRS maka seluruh staff rumah sakit harus sadar dan sama-sama berkomitmen untuk dapat menjalankan SIMRS tersebut, karena jika tidak ada komitmen dari staff rumah sakit untuk menjalankannya, akan menyulitkan bagi rumah sakit itu sendiri karena semua data di dalam SIMRS itu harus diinput secara langsung oleh semua staff rumah sakit yang menggunakannya. Seluruh staff rumah sakit juga harus bersedia untuk mengikuti training yang diadakan untuk dapat menjalankan SIMRS dengan baik. Sebagai software baru bagi rumah sakit tersebut, tentunya jika tidak mengikuti training maka staff rumah sakit itu tidak akan bisa dengan sendirinya langsung mengetahui bagaimana cara penerapannya.

Sumber Daya Manusia

Tentunya SDM ini menjadi unsur yang sangat penting dalam penerapan SIMRS di rumah sakit, karena tanpa adanya SDM yang mengerti mengenai software ini sudah tentu penerapan SIMRS tidak akan bisa diwujudkan. Karena nantinya SDM inilah yang nantinya akan menjalankan SIMRS di rumah sakit. Sebaiknya ada petugas yang mengerti mengenai bidang IT di rumah sakit atau Anda bisa menggunakan SIMRS dari software developer yang mampu memberikan bimbingan dan pelatihan selama penggunaan SIMRS di rumah sakit itu berlangsung, dengan demikian jika ada kendala yang terjadi pada software tersebut pihak rumah sakit bisa menanyakannya langsung kepada pengembang software tersebut.

 

Share:
admin

Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Comments